PU Buat Dua Kolam untuk Mengecah Lumpur Tak ke Jalan

0
98
Inilah kolam lumpur yang dibuat oleh Dinas PUPR Kota Tanjungpinang berada di Jalan Cendrawasih, Batu 8 Atas Tanjungpinang. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Tanjungpinang sudah membuat dua kolam lumpur di daerah Jalan Cendrawasih, Kelurahan Batu IX.

Daerah ini, kalau turun hujan jalan utamanya penuh dengan lumpur dan batu-batuan.
Dua kolam lumpur dibuat setelah pemilik tanah memberikan izin kepada Dinas PUPR. Ke dalaman kolam lumpur dua meter dan lebar dan panjang tiga meter persegi.

”Alhamdulillah kita dapat izin dari pemilik tanah,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulkhairi kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (4/10).

Menurutnya, fungsi dua kolam untuk menampung air, batu serta lumpur. Karena kalau sudah turun hujan, air, batu serta lumpur dipastikan bakal mengalir bersamaan dari bukit atas ke bawah. Dampaknya, jalan raya penuh lumpur. Sebelum ada kolam, air, batu serta lumpur langsung mengalir dengan cepat ke bawah.

Ini membuat ruas jalan raya tersebut ditutupi oleh lumpur serta batu-batu kecil. Menurutnya, walupun mengalir, dimungkinkan cuman air saja. Batu dan lumpur masuk ke dalam kolam.

Ia tidak bisa memastikan, berapa lama usia kolam yang digali begitu saja. Pasalnya, tidak ada biaya untuk pembuatan dua kolam tersebut. ”Itu saja inisiatif kita sendiri. Kita (Dinas PUPR, red) ini terkena dampak saja,” terang dia.

Ia berharap, dua kolam yang sudah digali bisa mengatasi banjir di daerah Jalan Cendrawasih. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here