PU Proritaskan Atasi Banjir 2019

0
48
Kendaraan saat melintas di jalan raya Batu 9 yang dilanda banjir belum lama ini. F-DOK/TANJUGNPINAN GPOS

Kota Tanjungpinang masih rawan banjir, terutama saat hujan turun lebat. Sistem drainase yang tak berfungsi, salah satu penyebab banjir.

TANJUNGPINANG – Pada tahun 2013 lalu, daerah titik banjir di Kota Tanjungpinang capai 72 titik. Termasuk halaman rumah yang tergenang air. Itu juga termasuk dihitung titik genangan air. Saat ini tinggal 11 titik lagi. Namun, ada enam titik banjir di wilayah Tanjungpinang Timur, menjadi fokus penanganan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Tanjungpinang. Kawasan rawan banjir itu antara lain di wilayah Pasopati, Sri Andana, Taman Harapan Indah (THI), Cendrawasih, Sidojasa dan Sidodadi.

”Banjir di wilayah Tanjungpinang Timur tetap kita tangani. Termasuk titik banjir lainnya. Kita bekerjasama dengan Pemprov Kepri dan pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Hendri kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (30/11).

Hendri mengatakan, penanganan banjir berada di Komplek perumahan THI menggunakan anggaran bersumber dari swakelola pada 2019 mendatang. Separuh dari total anggaran swakelola sebesar Rp1 miliar, akan diperuntuhkan untuk membuat satu kolam.

Kolam yang dibangunan nanti, digunakan untuk menampung air mengalir dari drainase di sekitar Komplek perumahan THI. Lalu, air yang sudah tertampung di kolam kembali mengalir ke drainase selanjutnya. ”Kita buat satu kolam saja,” ucap dia.

Pihaknya sudah menganggarkan dana sebesar Rp1,6 milia menangani banjir di daerah Jalan DI Panjaitan, Km 7 Tanjungpinang.

Nanti, Dinas PUPR Kota Tanjungpinang akan membuat drainase. Kedalaman drainase sekitar1,5 meter, lebar 2 meter dan panjang 300 meter.

”Mudah-mudahan, kita bisa kerjakan pada bulan Januari 2019 mendatang,” sebut dia.

Sambung dia, secara bertahap titik banjir di Tanjungpinang akan dibenahi. Ia juga minta agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di drainase, yang bisa menimbulkan banjir. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here