Pulau Cempala Rawan Dimanfaatkan Asing

0
242
PULAU Cempala tidak berpenghuni. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Pulau Cempala merupakan salah satu pulau terdepan NKRI yang harus dijaga. Pulau tersebut berada di pusaran ALKI Natuna. Cempala secara administratif, Pulau Cempala masuk ke wilayah Kecamatan Serasan Timur. Posisisinya sekitar 6 mil sebelah utara dari daratan Pulau Serasan dengan luas sekitar 500 meter persegi.

Di pulau itu terdapat fasilitas negara seperti lampu suar, jalan beton, tugu dan sejumlah fasilitas lainnya. ”Tapi tidak ada orang yang tinggal di sana. Pulau itu kosong begitu saja,” kata Chai seorang warga Serasan di Ranai, Selasa (3/4).

Menurutnya, jika pulau tersebut dibiarkan kosong begitu saja, berbagai kekhawatiran akan muncul dengan sendirinya baik yang berupa ancaman kedaulatan maupun tindak kriminal.
Karena, kata dia, pulau itu berada di jalur yang ramai dilalui oleh armada laut internasional dan lokal. Belum lagi letaknya yang terbilang berdekatan dengan negeri jiran, Malaysia.

”Semestinya pulau itu dijaga, kalau tak dijaga takutnya nanti disalahgunakan oleh oknum tak bertanggungjawab,” ujarnya.

Menurutnya, Pula Cempala layak dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata karena selain indah, juga jarak tempuhnya dari Serasan tidak terlalu jauh. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here