Pulau di Bintan Dijual ke Luar Negeri

0
611

BINTAN – PULAU Ajab (Ajab Island) satu dari ratusan pulau di Kabupaten Bintan dijual ke luar negeri (internasional), melalui situs online privateislandonline.com.

Dalam situs yang memiliki kantor di Toronto, Kanada ini, melakukan penawaran kepada umum. Pulau seluas 74,13 hektare ini dijual seharga 3,3 juta Amerika Serikat atau setara Rp 43 miliar.

Nafriyon, mantan Camat Mantang yang dikonfirmasi mengenai keberadaan pulau tersebut, mentatakan, Pulau Ajab berada di wilayah Kecamatan Mantang.

”Iya benar, itu salah satu pulau dekat Desa Mantang Lama,” katanya.

Saat ia menjabat, Pulau Ajab merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Letaknya tidak jauh, hanya dalam hitungan puluhan menit, untuk mencapai pulau tersebut.

Sementara itu, Herman, seorang warga Bintan mengatakan, penjualan pulau sah-sah saja. Namun pastinya, harus memperhatikan aturan yang ada.

”Dalam aturan Kementerian Agraria ATR kan jelas, bahwa kepemilikan pulau kecil hanya 70 persen saja. Sisanya 30 persen, harus dikuasai negara untuk kepentingan umum dan masyarakat,” katanya.

Ia mengharapkan, dengan adanya investasi di Bintan, terutama kepemilikan pulau, jangan sampai menjadi negara baru yang ada di dalam negara Indonesia.(JENDARAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here