Pulau Katang Diduga Dijual

0
69
Kamarudin ali

Anggota Komisi I Meradang

TANJUNGPINANG – Anggota Komisi I DRPD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H Kamarudin Ali minta kepada Dinas Pertanian dan Pertahanan Lingga termasuk Badan Pertahanan Nasional, untuk turun langsung ke Pulau Katang. Warga di pulau yang berada di Desa Benan, Kecamatan Katang Bidare, Lingga itu kini resak karena beredar informasi pulau itu dijual oleh oknum.

”Kami dapat laporan kalau Pulau Katang diduga dijual oleh oknum. Supaya tidak ada fitnah terhadap kepala desanya, disisi lainnya aset negara juga harus diselamatkan, dinas terkait harus turun langsung ke lokasi tersebut, untuk mengecek laporan warga tersebut. Apakah benar atau tidak. Supaya masyarakat tidak resah,” kata Kamarudin Ali, kemarin.

Kata dia, mestinya Pulau Sekatang tidak dijual ke siapapun karena di dalamnya ada hutan lindung. Di pulau itu ada aktivitas bercocok tanam atau masyarakat menyebutnya kebun raya. Perlu juga dicek di lokasi, apakah yang berkebun di pulau di mengarap lahan hutan lindung atau tidak.

Kalau tidak ada masalah, tapi di dalam pulau itu adalah hutan lindung umumnya. Kalau ia berkebun di hutan lindung tentu mereka juga menyalahi aturan. Dan, siapa yang menyuruh berkebun di situ, kemudian lahannya dijual.

”Kata masyarakat satu pulau itu sudah dijual, tapi kita tidak terlalu percaya begitu saja, bisa saja masyarakat dapat informasi salah, tapi untuk mengecek kebenaraanya, kami minta Komisi I DPRD Lingga dan dinas terkait harus memastikan hal itu, dengan cara turun langsung ke lokasi,” harapnya.

Ia juga minta dinas terkait dan DPRD Lingga harus cepat tanggap, jangan sampai aset negara itu dijual ke pengusaha. Dan, sesuai aturannya hutan lindung tidak boleh dijadikan kebun raya, apalagi dialihfungsikan. Apabila hutan lindung dirusak dan bakar tentu menyalahi aturan, dan pihak penegak hukum harus memprosesnya.

”Sudah tegas aturannya, kalau hutan lindung tidak bisa digarap. Kalau dijadikan perkebunan raya, itu juga melanggar aturan,” ujarnya.

Sebagai anggota DPRD Kepri yang duduk di komisi I membidangin pemerintahan, ia minta agar Pemprov Kepri juga menurunkan timnya ke pulau tersebut. Jangan sampai ada informasi jual beli pulau, tapi Pemprov dan Pemkab Lingga tidak peduli. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here