Pulau Manis, Eco Park Terbesar di Dunia

0
1419
INDAH: Kawasan Resort Pulau Air Manis Batam sangat indah. f-mazpram/humas pemprov kepri

BATAM – Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kepri Buralimar, menyampaikan, ia menerima informasi resmi bahwa Pulau Manis dan Pulau Asam yang terdapat kawasan resort Funtasi Island Kota Batam, Kepri telah dinobatkan sebagai taman rekreasi bertemakan alam, eco park terbesar di dunia oleh laman panduan wisata.

”Saya dapat kiriman teman melalui pesan whatsapp, bahwa salah satu funtasy island itu dinilai resor yang memiliki taman rekreasi bertemakan alam, eco park terbesar di dunia,” jelas Buralimar kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Tentunya, Pemerintah Provinsi Kepri sangat menyambut baik ada banyak pihak yang melirik dan wilayah Kepri yang terjadinya dianggap bisa bersaing tidak hanya di tingkat nasional melainkan internasional.

Baca Juga :  Jangan Lemahkan FTZ Ibu Kota

”Makin banyak destinasi makin banyak pilihan, apalagi beda dengan daerah lain. Tentu hal ini jadi daya tarik tersendiri,” ucap Buralimar.

Ia juga menceritakan, bahwa situs di Laman Panduanwisata.id menjelaskan, Kepulauan Riau dipilih menjadi lokasi taman eko terbesar di dunia karena lanskap pemandangan yang alami dan cantik. Hutan hujan terjaga, disertai budaya asli yang masih dilestarikan sehingga menjadi daya tarik sendiri.

Diketahui taman rekreasi itu dibangun dengan biaya sebesar Rp 4 triliun dan menyerap 1.000 pekerja. Target kunjungannya 2.000pengunjung atau turis per bulan.

Investornya adalah perusahaan patungan Indonesia-Singapura, yaitu PT Batam Island Marina dan Funtasy Island Development (FID) Pte Ltd, bekerjasama dengan Seven Seas Funtasy Venture Pte Ltd yang mengelola taman rekreasinya. Proyek tersebut sudah dimulai sekitar 2010 lalu.

Baca Juga :  Dua Tokoh Pers Raih Anugerah, Ramon Moderator Nasional

Oh ya soal akomodasi, Funtasy Island memang tak jauh dari Singapura sekitar 16 Km atau 30 menit dari terminal feri Harbour Front. Kalau dari Batam, sekitar 10 menit melalui perjalanan laut dari Pelabuhan Sekupang.

Funtasy Island adalah pulau-pulau kecil yang berada di perairaan laut Kota Batam Provinsi Kepri Indonesia terdiri dari Pulau Air, Pulau Manis, Pulau Asam, Pulau Anak Ladang, Pulau Great 1, Pulau Great 2 dan Pulau Great 3.

Funtasy Island merupakan taman rekreasi bertema alam (Eco-theme park). Ada tiga objek wisata utama di Funtasy Island yaitu Eco Theme Park yang diklaim terbesar, Beach club dan Love Island. Eco theme park pulau ini memadukan antara wisata hutan, wisata air, petualangan, wisata mangrove hingga wisata menyelam. Pihak pengembang bernama Development (FID) asal Singapura membangun 328 hektare untuk laguna, vila, wahana lumba-lumba, taman bermain, dan cafe di pinggir pantai.

Baca Juga :  Perkuat Maritim, Pelabuhan Tanjunguban Diperluas

Salah satu keseruan dari villa yang ditawarkan di Funtasy Island adalah lumba-lumba yang bisa disaksikan sangat dekat begitu pengunjung membuka pintu villa mereka. Karena itu, dalam promosilnya mereka menggunakan tagline ‘Pertama Di Dunia Rumah dalam lingkungan Lumba-Lumba’. (ais/net)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here