Pulau Sebangka Jadi Pusat Perekonomian Baru

0
1237
RAPAT: Bupati Lingga menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama tim pemerintah untuk percepatan pembangunan. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Lingga – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lingga akan membangun sentra pertanian, perkebunan holtikultura, industri pengalengan ikan, tambak garam, budidaya perikanan, peternakan dan pariwisata di Pulau Sebangka.

Pembangunan ini dilakukan seiring dengan akan dipindahkannya Dinas Kekautan dan Perikanan Kabupaten Lingga serta Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) DKP Kepri di Kabupaten Lingga.

”Program ini untuk mendukung percepatan pembangunan di Kecamatan Senayang agar menjadi daerah yang maju dan tidak tertinggal,” kata Bupati Lingga, H Alias Wello, kemarin.

Kata Bupati, selain membangun Pulau Sebangka sebagai pusat perekonomin baru, Pemkab Lingga juga punya rencana membangun Senayang, yang diawali dengan pemekaran.

Mantan Ketua DPRD Lingga ini juga menyampaikan, bahwa pemerintah akan mengolah sisa kayu dari lokasi persawahan.

”Kalau tidak ada halangan, tahun ini akan masuk investasi di bidang industri triplek. Perusahaannya sudah langsung koordinasi dengan saya,” jelasnya.

Dikatakannya, pemanfaatan kayu sisa lahan pencetakan sawah tersebut tidak harus melalui izin pemerintah pusat, karena berada pada lahan APL milik daerah, yang peruntukannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

”Nantinya kayu cetak sawah ini akan menjadi bahan baku pembuatan triplek. Saya sampaikan ini supaya informasinya jangan simpang siur tentang pemanfaatan kayu sawah. Saya juga pastikan tidak ikut-ikutan,” ungkapnya.

Pola investasi yang akan diterapkan, lanjut Alias, besifat sharing saham. Artinya, ada sebagian saham milik purusahaan daerah dalam inveatasi industri plywood tersebut. (TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here