Pulau Siulung Khusus Peternakan Tertentu

0
360
WAKIL Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo bersama Pansus didampingi camat dan tim sidak, memberikan penjelasan larangan peternakan babi kepada peternak babi. f-yendi/tanjungpinang pos

TOAPAYA – Pansus Ranperda penyelenggara peternakan dan kesehatan hewan DPRD Bintan langsung mengecek lokasi peternakan babi di Toapaya, Rabu (25/7) kemarin. Dari hasil peninjauan bersama OPD terkait, Pansus meminta agar pengusaha jangan memperluas usaha peternakan babi tersebut.

Pansus mengecek 2 lokasi peternakan babi, yang diadukan warga tersebut bersama Satpol PP, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, pemerintah desa dan Kecamatan Toapaya, serta aparat keamanan. Pansus sempat kaget, ketika mengetahui bahwa upaya perluasan area peternakan babi, dengan cara menebang pohon di pinggir kawasan hutan mangrove.

”Ada kok beberapa bakau yang dibabat, untuk perluasan peternakan ini. Tapi bukan itu saja. Intinya, jangan perluas peternakan babi ini. Atau jangan dikembangkan lagi. Pemkab Bintan kan sedang menggodok Ranperda peternakan dan kesehatan hewan,” jelas Umar Ali Rangkuti, di sela peninjauan lokasi peternakan babi, kemarin.

Dalam Ranperda penyelenggaraan peternakan dan kesehatan hewan, Pemkab Bintan bersama DPRD akan menetapkan satu lokasi peternakan babi di tempat terisolasi. Rencananya di Pulau Siulung. Dengan demikian, semua peternakan babi di daratan Bintan, akan dipindahkan ke tempat yang ditetapkan itu.

Wakil Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo mengatakan, dengan Ranperda itu, tidak dibenarkan lagi ada pemberian izin usaha atau perluasan peternakan babi di daratan Kabupaten Bintan. Namun, warga Toapaya justru melaporkan ada pengembangan peternakan babi, untuk lebih luas lagi. Warga resah, karena peternakan yang dibuka itu dekat dengan pemukiman warga.

”Makanya, kami turun cek lokasi. Dan memberikan penjelasan kepada pemilik peternakan, agar tidak memperluas usahanya. Apalagi sampai membabat bakau. Kami sekalian menyampaikan Ranperda peternakan dan kesehatan hewan ini juga,” tambah Agus Wibowo.

Pengusaha peternak babi berjanji akan melaksanakan anjuran Pansus, terkait dengan peternakan babi itu. ”Iya, nanti saya sampaikan kepada bapak (ayahnya), apa-apa yang disampaikan tim pemerintah dan dewan hari ini (kemarin, red),” kata anak dari pengelola peternakan babi di Toapaya itu. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here