Puluhan ASN Bolos di Hari Pertama Kerja

0
495
APEL PERDANA: Bupati Karimun Aunur Rafiq saat memimpin apel hari perdana masuk kerja ASN di halaman kantor Bupati Karimun, Selasa (2/1). F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – TINGKAT kepatuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Karimun masih rendah. Hal itu terlihat dari ketidakhadiran puluhan ASN, saat hari pertama masuk kerja Tahun 2018.

Untuk kesekian kalinya, orang nomor di Karimun yakni Bupati Aunur Rafiq harus mengedutkan dahinya, setelah melihat masih ada ASN yang tidak hadir tanpa keterangan saat apel hari pertama masuk kerja.

Instruksinya berkali kali yang ia sampaikan, agar setiap ASN mematuhi aturan yang berlak namun terkesan dianggap angin lalu beberapa ASN. Usai apel di halaman Kantor Bupati, Rafiq menginstruksikan, mereka yang tidak hadir membuat pernyataan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Atau sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 53 Tentang Kedisiplinan ASN, kan dikenai sanksi teguran, baik lisan dan tulisan dari pimpinan ASN tertinggi di Karimun.

Pemerhati Kinerja Aparatur Daerah Abizar mengatakan, ada beberapa faktor kenapa beberapa ASN memberanikan diri atau terlambat masuk kerja dihari pertama masuk kerja tahun ini.

Faktor itu diantaranya, pertama tindakan tegas kepada ASN yang tidak disiplin hanya sebatas retorika dan tidak ada aksi nyata. Kedua, beberapa kepala OPD saat ini tidak menunjukkan sikap disiplin kepada bawahannya.

Ia menyarankan, Bupati Karimun Aunur Rafiq untuk bersikap tegas kepada masing masing kepala OPD yang tidak disiplin. Hal itu bisa dilihat dari tingkat kehadiran mereka saat apel pagi dan apel sore, terkadang datang pukul 07.00 WIB lalu pada pukul 09.00 WIB sudah meninggalkan kantor dan tidak masuk kantor hingga waktu pulang. Sehingga, muncul dalih tidak betah lama-lama di kantor karena banyak orang yang mencarinya.

”Ke depan, aturan jangan hanya tajam ke bawah. Tetapi benahi mulai dari atas, kalau pimpinan OPD sudah mampu bersikap disiplin. Maka bawahannya akan enggan, untuk tidak mematuhi aturan yang berlaku. Ini harus tegas,” saran Abizar.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here