Puluhan Karung Barang Selundupan Dibakar

0
1016
BAKAR BB: Jajaran Polsek Bintan Timur dan Dinas Perdagangan Bintan membakar barang bukti bahan pangan selundupan, yang diamankan polisi.f-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – Sebanyak 55 karung bahan pangan seludupan yang diamankan jajaran Polsek Bintan Timur, akhirnya dibakar, Kamis (27/7) kemarin. Bahan pangan seludupan itu diamankan di kawasan Pelabuhan Sri Bayintan Kijang. Pada pemusnahan tersebut turut hadir perwakilan Dinas Perdagangan Bintan, Bea Cukai dan aparatur terkait. Ke seluruh bahan pangan berupa produk makanan kemasan langsung dibakar di halaman Mapolsek Bintan Timur.

Kapolsek Bintim, AKP Abdul Rahman menyampaikan, barang yang dimusnahkan ini merupakan hasil tangkapan yang dilakukan pihaknya, Juni lalu. Karena barang tersebut sudah melanggar aturan perundang-undangan. ”Sebagian barang ini harus dimusnahkan, dengan alasan barang mudah rusak dan tidak tahan lama,” katanya.

Baca Juga :  2018, Imigrasi Tolak 45 Permohonan Paspor CTKI

Barang seludupan luar negeri yang dibakar itu berupa rempah-rempah, buah kurma dalam kondisi rusak, makanan ringan kemasan berbagai merek dalam keadaan rusak dan ikan bilis. ”Pemusnahan ini melalui izin dan penetapan tertulis dari Pengadilan Negeri Tanjungpinang. Pemusnahan disaksikan langsung oleh pihak-pihak terkait,” jelasnya.

Setia Kurniawan, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Bintan menyatakan, pemusnahan bahan pangan yang merupakan barang bukti sudah merupakan bagian dari proses hukum. ”Ini dimusnahkan agar tidak dapat disalahgunakan atau dikonsumsi lagi. Ini merupakan bentuk perlindungan kepada masyarakat dan konsumen,” tambahnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here