Puluhan Nelayan Dapat Bantuan Kapal

0
895
MELAUT BERSAMA: Nelayan Bintan mencari nafkah dan melaut bersama, karena minim memiliki kapal motor.F-yendi/tanjungpinang pos

BINTAN – Puluhan nelayan Bintan di tujuh kecamatan bakal menerima bantuan kapal, dan alat tangkap jenis kelong, akhir bulan ini. Anggaran untuk bantuan nelayan itu, pemkab Bintan telah menyediakan sekitar Rp 6,252 miliar.

Nelayan yang bakal mendapatkan bantuan itu berasal dari Kecamatan Mantang, Bintan Pesisir, Teluk Sebong, Teluk Bintan, Gunung Kijang, Seri Kuala Lobam, dan Tambelan. Khusus untuk alat tangkap kelong, hanya diberikan kepada nelayan di tiga kecamatan. Sementara, nelayan di Kecamatan Bintan Timur, Bintan Utara dan Toapaya tidak mendapatkan bantuan pada tahun ini.

Baca Juga :  Bawaslu Sosialisasi Rekrutmen Panwascam ke Pulau

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bintan Fachrimsyah mengatakan, bantuan alat tangkap ikan untuk nelayan ini diserahkan dalam dua tahap, akhir Oktober ini dan akhir November mendatang.

”Khusus kapal dan fiber box akan diserahkan akhir bulan ini. Sedangkan kelong diserahkan akhir bulan depan,” ujar Fachrimsyah, Senin (9/10) kemarin.

Ia menerangkan, bantuan yang akan diserahkan akhir bulan ini telah menyerap dana APBD 2017 sebesar Rp 4.867.422.500. Meliputi kapal motor kayu berkapasitas 2 gross tonnage (GT) untuk penarik kelong apung. Kemudian kapal penangkap ikan kayu berkapasitas 1 GT, 2 GT dan 3 GT.

Baca Juga :  Disnakertrans Kepri Ingin Dirikan UPT di Bintan

”Jumlahnya 50-an kapal. Bantuan juga beragam jumlahnya, untuk setiap kecamatan,” ujarnya.

Selanjutnya, bantuan berupa perahu motor tempel kayu dan kapal penangkap ikan fiber berkapasitas 1 GT, berkapasitas 2-3 GT, serta fiber box ukuran 400 Kg dan 200 Kg. Alat tangkap ikan dan fiber box ini bakal diserahkan secara simbolis di Desa Dendun, Kecamatan Mantang.

Sedangkan penyerahan bantuan kelong tancap dan kelong apung akan dilaksanakan November mendatang. Rencananya, penyerahan kelong tersebut dipusatkan di wilayah Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

Baca Juga :  Pedagang Tak Berani Timbun Garam

”Kelong tancap sebanyak 1 unit, dan apung sebanyak 9 unit seharga Rp 1,385 miliar ini belum selesai sepenuhnya. Jadi akan diserahkan November mendatang,” tutupnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here