Puluhan Siswa SD Periksa Mulut dan Gigi

0
381
Dokter gigi memeriksa kesehatan mulut dan gigi siswa SDN 004 Senggarang.

SENGGARANG – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Tanjungpinang mengkampanyekan kesadaran terkait kesehatan mulut dan gigi.

Para dokter gigi tersebut, memeriksa mulut dan gigi setiap siswa SDN 004 Senggarang, Sabtu (17/11) siang.

Kegiatan itu disejalankan dengan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang berlangsung September-Desember 2018 ini.

Acara tersebut di buka Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul dan turut hadiri Drg Wawan Ridwan selaku Ketua Pengurus wilayah PDGI Kepri dan Drg Masdiansyah M Kes, Ketua PDGI Tanjungpinang.

Masdiansyah menuturkan, tujuan kegiatan ini, memberikan pemahaman kepada masyarakat agar sejak usia sedini mungkin menjaga kesehatan mulut dan giginya.

Dituturkannya, kegiatan ini sudah menjadi rutinitas yang dijadwalkan dari PDGI Pusat.

Secara nasional dilaksanakan serentak di 23 fakultas kedokteran gigi di Indonesia. Serta di 40 cabang yang ditunjuk PDGI pusat, termasuk di Tanjungpinang.

Terkait kegiatan ini, H Syahrul mengapresiasi dan mendukung program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satunya, seperti yang dilaksanakan PDGI Kepri dan PDGI Tanjungpinang memeriksa kesehatan mulut dan gigi siswa.

Menurutnya, masih banyak orang tua yang minim pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Ia merasa harus ada aksi penyuluhan bagi siswa mulai dari jenjang SD dan SMP yang dilakukan oleh ahlinya yaitu dokter gigi.

Drg Wawan Ridwan menuturkan, dari 2.132 dokter gigi se-Indonesia merangkum bahwa sekitar 93% anak-anak pada usia 5-6 tahun mengalami kerusakan gigi. Ini lebih tinggi dibandingkan batas maksimal dari World Health Organization (WHO) yaitu di bawah 50 persen.

“Marilah kita bersama-sama mencegah kerusakan gigi pada anak-anak kita,” ujarnya.

Ia juga meminta peningkatan pelayanan di puskesmas maupun rumah sakit dengan adanya pendirian, Komunikasi, Edukasi dan Informasi terkait kesehatan mulut dan gigi. (septian/reinhard/ratni)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here