Puluhan Siswa Terima Penghargaan

0
147
GUBERNUR dan Wagub Kepri H Nurdin Basirun, H Isdianto menyalami siswa berprestasi saat peringatan Hardiknas di Dompak, Kamis (2/5). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur dan Wakil Gubernur Peringati Hardiknas di Dompak

Puluhan pelajar Kepri yang berprestasi di tingkat nasional menerima piagam penghargaan dan uang pembinaan saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kantor Gubernur Kepri di Pulau Dompak, Kamis (2/5) kemarin.

DOMPAK – Penyerahan piagam penghargaaan dan apresiasi itu dilakukan Gubernur Kepri. Para siswa-siswi berprestasi itu telah mengharumkan nama Kepri di berbagai cabang perlombaan tingkat nasional.

Gubernur mengajak semua pihak, dalam merefleksikan peringatan Hardiknas untuk bersama-sama menyatukan komitmen dalam mengeluarkan energi positif dalam menyiapkan generasi muda masa depan yang berkualitas dan berdaya saing.

”Ayo kita bangkitkan energi positif yang ada pada dalam diri, Hardiknas menjadi motivasi bagi kita membangun sumber daya manusia sebagai modal dasar menuju kesuksesan pembangunan di Kepri,” ujar Nurdin saat bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) pada Hardiknas disejalankan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-23 Tingkat Provinsi Kepri tahun 2019 di Dompak.

Gubernur Nurdin yang hadir didampingi Wakil Gubernur H Isdianto tersebut, berpesan kepada generasi muda agar memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk terus belajar dan menimba ilmu dalam upaya membangkitkan potensi diri, terlebih tonggak pembangunan berada di pundak para pemuda.

”Negara menunggu kontribusi para generasi muda untuk menjawab segala tantangan pembangunan ke depan, tidak ada keraguan dari kami para orang tua terhadap kapasitas dan kemampuan adik-adik sekalian,” lanjut Nurdin.

Membacakan Pidato Menteri Pendidikan RI, Nurdin menyampaikan bahwa dalam upaya mewujudkan terbentuknya negara demokratis dalam bingkai NKRI merupakan salah satu tujuan dari pendidikan nasional.

”Dengan pendidikan maka tentunya akan mengembangkan potensi para peserta didik yang berilmu, bertaqwa, mandiri, inovatif dan bertanggungjawab sebagai modal penting bagi pembangunan,” kata Nurdin Basirun.

Nurdin menambahkan, selama 4 tahun era kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mana fokus pembangunan adalah membangun infrastruktur di semua sisi dalam menjawab setiap kebutuhan masyarakat serta sebagai persyaratan bagi negara maju.

”Karena dengan infrastrukturlah akan terjalin konektiviti antardaerah serta dalam upaya memperkuat kedaulatan negara,” lanjutnya.

Setelah fokus dengan pembangunan infrastruktur, saat ini pemerintah mulai bergeser kepada pembangunan sumber daya manusia dengan penguatan sistem pendidikan dan kebudayaan, sejalan dengan tema peringatan Hardiknas tahun 2019 yakni ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’.

”Tema ini mencerminkan bahwa dalam menciptakan ekosistem pendidikan dalam membingkai hadirnya SDM yang berkualitas demi mewujudkan Indonesia yang berkemajuan,” tambah Nurdin.

Pembangunan SDM tersebut terfokus kepada dua hal antara lain, pendidikan karakter dan penyiapan generasi yang cakap dan terampil.

Yang mana dalam pendidikan karakter tersebut adalah upaya menciptakan SDM yang berakhlak mulia, sopan, dan berbudi pekerti dan Penyiapan generasi yang cakap dan terampil adalah salah satu upayanya yakni menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

”Tentu untuk mewujudkan semua itu, perlu profesionalisme semua pemangku kepentingan di daerah, terlebih era modernisasi saat ini berkembang dengan cepat maka pemanfaatan teknologi informasi sangat penting digalakkan tentunya dengan sentuhan budaya Indonesia,” mantan mantan Bupati Karimun dua periode tersebut.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here