Puluhan Warga Temui Kades

0
289
Puluhan warga mendatangi rumah Kades Lancang Kuning, untuk mempertanyakan penggunaan dana desa, Rabu malam lalu. f-jendaras/tanjungpinang pos

Pertanyakan Penggunaan Dana Desa

TANJUNGUBAN – Sebanyak 30 warga Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara mendatangi kantor desa tersebut, Rabu (9/5) malam lalu. Kedatangan warga menemui kepala desa (kades), guna mempertanyakan penggunaan dana desa yang selama ini dianggap tidak transparan.

Sugito, seorang warga mengatakan, dirinya sangat kecewa dengan beberapa pembangunan yang dinilai tidak layak, dan terkesan asal-asalan di desa Lancang Kuning. Beberapa pembangunan yang seharusnya memberdayakan masyarakat desa setempat, justru tidak melibatkan warga desa sebagai pekerjanya.

”Itu ada kami lihat drainase yang dibuat sangat tidak layak, dan tak berfungsi jadinya. Kemudian juga pembangunan batu miring, pembangunan lapangan voli yang tidak sesuai standar. Ditambah lagi BUMDes yang kini sudah tidak jalan, dan uangnya tidak jelas hingga saat ini,” keluhnya.

Selain itu, Suwarsono atau Son juga mempertanyakan berbagai kegiatan desa yang tidak disosialisikan atau melibatkan seluruh unsur warga. Kegiatan itu hanya terkesan dilibatkan orang-orang itu saja, atau orang dekat.

”Kami maunya seluruh pembangunan desa melibatkan seluruh warga desa, sesuai kemampuan dan kapasitas pembangunan yang ada. Jangan hanya melibatkan segelintir orang saja,” jelasnya.

Sementara, Kholili Bunyani Kepala Desa Lancang Kuning mengatakan, kedatangan warga tersebut merupakan evaluasi baginya. Diakuinya, saat ini memang ada miskomunikasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Namun semua penggunaan dana desa sudah sesuai dengan yang ada, di plang APBDes.

”Di Plang APBDes sudah tertera, anggaran sudah dipergunakan sesuai dengan aturan dan pos-pos anggaran yang ada. Namun ke depannya, akan kami perjelas lagi kepada masyarakat. Agar semuanya lebih memahami,” katanya. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here