Puncak Imlek, Lonjakan Penumpang Dua Kali Lipat

0
291
PENUMPANG antarpulau membawa barang saat berada di pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, Selasa (20/2) kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Lonjakan penumpang arus balik setelah perayaan Tahun Baru Imlek dua kali lipat, atau mengalami kenaikan mencapai 100 persen, di Pelabuhan Sribintan Pura (SBP) Tanjungpinang. Puncak arus balik Imlek ini terjadi, Minggu (18/2) lalu.

Staf KSOP Tanjungpinang Yansen Marlan mengatakan, lonjakan penumpang setelah perayaan Imlek terjadi sejak, Minggu (18/2) atau dua hari lalu. Karena, penumpang mulai ramai kembali ke daerah masing-masing, setelah pulang kampung di Tanjungpinang.

Yansen menyebutkan, lonjakan terjadi hampir 100 persen. Itu dapat dilihat dari setiap kapal yang berangkat, hampir semua trip penuh dengan isi penumpang.

”Biasanya 30 sampai 40 penumpang. Minggu lalu, full jumlah penumpangnya,” sebut Yansen, Selasa (20/20 kemarin.

Menurutnya, jumlah penumpang kembali normal, Selasa (20/2) kemarin, tidak sebanyak dua hari lalu. Biasanya kapal penuh pada momen libur, berbeda dengan hari biasa. Hampir semua armada penuh baik itu tujuan antarpulau ataupun Batam. Apabila jumlah penumpang banyak atau meningkat, setiap armada menyedikan satu kapal untuk menambah pelayanan keberangkatan.

”Jumlah seminggu terakhir ini naik, mulai dari yang datang maupun berangkat melalui pelabuhan SBP,” katanya.

Meski belum ada penambahan armada, lanjutnya, keberangkatan penumpang masih terlayani. Sehari, ada sembilan kapal Baruna yang beroperasi dengan 42 trip. Sedangkan Marina 14 trip dengan dua kapal yang beroperasi. Armada antarpulau tujuan Dabo dan Lingga, ada dua kapal yang beroperasi. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here