Puncak Semarung Dijadikan Lokasi Wisata

0
69
PUNCAK Semarung Warga Dusun Sebuton, Desa Mekar Jaya sedang dibangun menjadi lokasi wisata. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Warga Dusun Sebuton, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat tengah berswadaya menyiapkan sarana sebisanya di Bukit Semarung. Mereka meyakini puncak bukit itu memiliki potensi wisata bila dilengkapi sarana.

Kepala Desa Mekar Jaya, Muhammad Isa mengatakan, kegiatan swadaya masyarakat untuk merintis pariwisata di Puncak Semarung sudah dimulai sejak tahun ini.

Mereka rutin bergotong-royong secara berkala membuka jalan setapak menuju puncak dan membangun tambatan perahu sebisanya dengan perencanaan dan alat-alat seadanya.

”Semarung jadi salah satu andalan kita di masa datang. Pulau itu sedang kami rintis untuk menjadi sebuah destinasi wisata. Sekarang kami sedang fokus membuka jalan menuju puncak bukitnya melalui batuan-batuan cadas,” kata Isa di Sebuton, kemarin.

Ia menjelaskan, di Pulau Semarung terdapat sejumlah potensi alam andalan seperti kandungan ikan berupa kepiting, udang, kerang dan jenis ikan lainnya masih banyak terkandung di sekitaran pulau.

Di sekeliling pulau itu juga terdapat berbagai jenis tumbuhan perdu, bakau dan berbagai jenis pepohonan besar lainnya.

”Alamnya indah dan asri. Selain dapat menikmati asrinya alam, kita juga bisa mancing atau mencari ikan dengan cara-cara lain di sana. Maka kami tertarik sekali untuk mengupayakannya sebagai objek wisata,” jelas Isa.

Selain indah, Pulau Semarung merupakan salah satu pulau kecil di Natuna yang belum berpenduduk. Pulau ini hanya berdiameter tidak lebih dari 8 kilometer persegi dengan ketinggian puncak sekitar 40 dari atas permukaan laut.

View dari puncak itu juga bisa menghadirkan pemandangan yang indah dan menembus banyak penjuru. Dari puncaknya pulau nampak perkampungan, gunung dan hamparan laut yang luas dapat terlihat dengan jelas.

Tidak hanya itu, kelebihan pulau itu terdapat pada lokasinya yang tidak jauh dengan daratan Pulau Bunguran Besar. Dari Desa Mekar Jaya pulau itu bisa ditempuh hanya dalam waktu tujuh menit perjalanan menggunakan speedboat.

”Kami berpikir potensi pulau itu akan mubazir begitu saja kalau tidak dimanfaatkan. Makanya kami mulai merintisnya dari sekarang, kalaupun hasilnya tidak bisa kami dapat sekarang, paling tidak anak cuci kami nanti bisa menikmatinya,” ujar Isa katanya ada dua potensi wisata di sana. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here