PUPR Siapkan DED Irigasi Sawah

0
762
PETANI: Petani saat menyemprotkan anti hama di salah satu sawah di Desa Sungai Besar. Tahun 2019 nanti, Pemerintah Pusat mulai membangun Irigasi di Lingga.F-ISTIMEWA

LINGGA – DINAS Pekerjaan Umum Pemukiman dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lingga mulai tahun ini, mendapatkan tugas untuk berperan langsung mensukseskan program pengembangan pertanian persawahan di Lingga.

Pekerjaan khusus yang akan dilakukan, yakni menyiapkan pembangunan irigasi di semua lokasi percetakan sawah yang telah dibuka saat ini.

”Akhir tahun ini, kami lakukan pembebasan lahan warga. Jadi, nanti sebelum mulai dibangun irigasi pembebasan lahan harus sudah clear saat pembangunan di Sungai Besar,” kata Sumarno, Kepala Bidang Pengairan PUPR Kabupaten Lingga, kemarin.

Baca Juga :  Warga Ingin IPAL Difungsikan

Ia menjelaskan, proses awal yang dilakukan PUPR melakukan sosialisasi dan musyawarah dengan masyarakat di lokasi percetakan sawah di Desa Sungai Besar.

”Sosialisasi yang dilakukan di Sungai Besar, masyarakat sangat antusias dengan program pembangunan irigasi. Hal ini ditunjukkan dengan setujunya masyarakat, untuk menghibahkan lahan dalam memsukseskan pembangunan irigasi,” ucapnya.

Setelah warga setuju menghibahkan lahannya, tahapan selanjutnya setelah pembebasan lahan pada tahun 2018 mendatang. Selain pembebasan lahan, PUPR juga akan menyiapkan Detail Engineering Design (DED) dan dokumen lingkungan hidup sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk pembangunan irigasi yang akan dilakukan pemerintah pusat.

Baca Juga :  Yuk, Wisata ke Pantai Indah Sergang

”Syarat kelengkapan itu harus dibuat dahulu. Setelah itu, baru pemerintah pusat mengeluarkan anggaran untuk pembangunan irigasi nanti. Insya Allah. Tahun 2019 sudah mulai terbangun jaringan irigasi di Sungai Besar dengan dana dari Pemerintah Pusat,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here