Pusaka Islam Gelar Demo Cara Buat Kaligrafi

0
92
pengunjung melihat membuat kaligrafi di area MTQ Tanjungpinang, Senin kemarin. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pusat Kaligrafi (Pusaka) Islam Kota Tanjungpinang telah menggelar gelar demo cara membuat kaligrafi yang indah dan cantik.

Demo yang melibatkan sebanyak 6 orang, berlangsung di stand bazar Musabaqah Tilawatih Quran (MTQ) Expo ke XIII berada di Terminal Sungai Carang Tanjungpinang, Minggu (7/4) sore. MTQ sendiri sudah ditutup Selasa (9/4) malam.

Warga yang menggelar demo cara membuat kaligraif untuk menyalurkan bakat seni kreatifnya di atas karton dan kanvas.

Masing-masing dari mereka serius membuat tulisan ayat suci Alquran di atas karton maun kanvas. Ada dari kalangan anak-anak sampai dengan dewasa. Dengan fokus serta imajinasi dan tangan lentur menghasilkan hasil kaligrafi yang bagus. Apalagi diperpadukan dengan warna warni cat khusus kaligrafi, yang dituangkan di atas karton dan kanvas tersebut.

Pembina Pusaka Islam Kota Tanjungpinang, Mustafa Jamaluddin mengatakan, untuk membuat kaligrafi hingga sampai menjadi hiasan dinding memakan waktu kurang lebih delapan jam.

Media yang digunakan untuk kaligrafi, yakni karton dan kanvas. Ditambah lagi menggunakan cat khusus untuk kaligrafi.

Ada beberapa tingkat kesulitan untuk membuat kaligrafi. Pertama, kata dia, mulai dari untuk memadukan warna warni cat yang akan diterapkan di median kaligrafi.

Sehingga hasil kaligrafi bisa bagus dan menarik untuk dijual hingga dibeli oleh pengunjung.

Kemudian, perlu mengekpresikan jenis tulisan yang akan digunakan di kaligrafi. Karena skil penguasaan huruf sangat perlu dan dibutuhkan.

Dengan skil dan ditambah fokus serta serius, hasil kaligrafi akan bagus dan menarik. Setiap jenis tulisan masing-masing memiliki kaidah.

”Kaidah huruf paling tinggi tingkat kesulitan kita di kaligrafi,” ucap Mustafa Jamaluddin kepada Tanjungpinang Pos, Senin (8/4).

Kata Mustafa, ia tidak bisa memberikan harga pastinya hasil kaligrafi yang dipajang di stan bazar MTQ Expo. Pasalnya, media yang digunakan sampai dengan tingkat kesulitan menjadi patokan harga kaligrafi.

”Itu saja harganya sekitar Rp85 ribu,” terangnya sambil menunjukkan salah satu kaligrafi yang dipajang di stand bazar MTQ Expo. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here