Pusat Bangun 5 Puskesmas Baru

0
59
Herianto

Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akan mendapatkan pembangunan lima puskesmas baru dari pemerintah pusat pada tahun 2019 mendatang.

ANAMBAS – PembaNgunan kelima puskesmas itu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Lima puskesmas tersebut tersebar di lima kecamatan, dari tujuh kecamatan yang ada yakni Kecamatan Siantan Selatan, Kecamatan Palmatak, Kecamatan Siantan Timur, Kecamatan Siantan Tengah dan Kecamatan Jemaja.

”Untuk Kecamatan Siantan tidak mendapat puskesmas karena berada di ibu kota. Sedangkan Kecamatan Jemaja Timur telah dibangun pada tahun 2017 silam,” demikian disampaikan Herianto, SIP Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) KKA, Selasa (8/3).

Untuk finalnya, kata Herianto, pada bulan Oktober mendatang namun dari kriteria dibangunnya puskesmas baru di Anambas lima kecamatan sudah memenuhinya. ”Insya Allah, jika kita lihat kriterianya serta posisi Anambas yang berada di pulau terdepan pada 2019 lima puskesmas tersebut dapat dibangun,” ujarnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, diperkirakan anggaran pembangunan puskesmas baru mencapai Rp8 miliar. Menurutnya, karena pada pembangunan Puskesmas Jemaja Timur sebesar Rp8 miliar.

Meski demikian, untuk pembangunan puskesmas di Kecamatan Siantan Selatan dapat lebih rendah karena hanya non perawatan. ”Untuk puskesmas lain itu perawatan, hanya Siantan Selatan yang non perawatan makanya lebih kecil, namun bentuk fisik sama hanya satu lantai sedang yang lain dua lantai,” jelasnya.

Saat ini, tambah Herianto, Puskesmas Jemaja Timur yang baru sudah ditempati sejak bulan Maret 2018 silam. Sedangkan bangunan Puskesmas lama rencananya akan dijadikan mess dokter. ”Alhamdulillah usai MTQ Jemaja Timur kemarin, puskesmas baru sudah mulai beroperasi,” ungkapnya lagi.

Pada kesempatan itu Herianto menyampaikan, saat ini sudah ada dua puskesmas di Anambas yang telah terakreditasi yaitu Puskesmas Siantan dan Puskesmas Palmatak. Natinya. Kelima puskesmas lain akan diakreditasi pada tahun 2018 ini. ”Target kita 2019 semua puskesmas dan rumah sakit yang ada di Anambas sudah terakreditasi,” tutupnya. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here