Pusat Bangun Layanan PLUT-KUMKM

0
692
SOSIALISASI: Drs Mirwansyah selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Kabupaten Kepulauan Anambas ketika menyampaikan pidatonya di depan peserta dan pihak Kementerian Koperasi dan UKM, di hotel Terempak Beach. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Kementerian Koperasi dan UKM bangun Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) di Kabupaten Anambas. Kabupaten Anambas merupakan satu diantara dua kabupaten, yang dibangun PLUT-KUMKM oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Sedangkan, satu kabupaten lainnya yakni Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat.

Pembangunan pusat layanan tersebut, menggunakan anggaran 2017 melalui dana tugas pembantuan APBN Kementrian Koperasi dan UKM. Pendampingan usaha mewakili deputi bidang rekstrukturisasi usaha Kementerian Koperasi dan UKM Eviyanti Nasution SH MM Asdep mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM sejak tahun 2013 telah membangun 50 PLUT-KUMKM.

Melalui dana tugas pembantuan dan 1 PLUT-KUMK mandiri yang tersebar di 24 provinsi atau 27 Kabupaten/kota. ”Pemilihan Kabupaten Anambas sebagai penerima program PLUT -KUMKM, berdasarkan pada peta penyebaran PLUT-KUMKM bahwa Provinsi Kepri belum pernah menerima program ini,” ujar Eviyanti Nasution, kemarin.

Selain itu, pertimbangan lainnya yakni Kabupaten Anambas merupakan kabupaten terluar, terisolir di perbatasan negara. Ditetapkannya Kabupaten Anambas menerima program PLUT-KUMKM, disampaikan pada acara Sosialisasi Pusat layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM).

Kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM berkerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian KKA, di Hotel Tarempa Beach, Minggu (30/7). Evi mengungkapkan, tujuan yang akan dicapai dalam program PLUT-KUMKM difokuskan untuk mencapai sejumlah hal.

Diantaranya, sebagai mediasi bagi pengembangan Koperasi dan UMKM yang mencakup kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses kepembiayaan, pengembangan SDM serta kinerja kelembagaan. ”Tujuannya, dalam rangka meningkatkan daya saing Koperasi dan UKM serta mendorong peningkatan kapasitas kemandirian koperasi dan UMKM,” sebutnya.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Pemkab Anambas Drs Mirwansyah mengatakan, potensi besar yang dimiliki Kabupaten Anambas seperti sektor kelautan dan pariwisata. Dengan adanya program PLUT-KUMKM, diharapkan mampu membaca peluang sekaligus mampu bangkit dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi daerah.

”Melalui sosialisasi ini, kami berharap membangkitkan KUMKM di Anambas. Program ini akan diisi oleh konsultan yang handal, yang mampu berkerja dengan maksimal,” jelas Mirwansyah, Senin (31/7). Sosialisasi diikuti s70 peserta, dengan narasumber Ketua Asosiasi Business Devlopment Service Indonesia. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here