Pusat Kucurkan Rp 2,4 Miliar Bangun Pabrik Es

0
792

NATUNA – PEMERINTAH pusat kembali mengucurkan anggaran senilai Rp 2,4 miliar untuk pembangunan pabrik es (cool storage) mini di Kabupaten Natuna. Sekretaris Badan Pengelola Perbatasan Natuna Sofiandi mengatakan, pihaknya akan segera mempersiapkan lahan untuk pembangunan pabrik tersebut.

”Sekarang ini sedang dilakukan survei lokasi di dua desa, karena ini salah satu syarat agar proyek itu dibangun di Natuna,” kata Sofiandi, saat meninjau lokasi, kemarin.

Kedua desa tersebut yakni, Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur dan Desa Kelarik Kecamatan Bunguran Utara. Persisnya, bangunan pabrik es dibangun di area pelabuhan atau tambatan perahu nelayan. Ia menjelaskan, pabrik es yang berkapasitas 3 ton per hari ini akan diserahkan kepada pihak desa. Sedangkan untuk mengelola pabrik tersebut akan ditunjuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

”Untuk bangunannya sendiri berukuran 10×10 meter persegi. Bantuannya meliputi mesin pembuat es berikut mesin diselnya, untuk mengantisipasi diarea pabrik jika tidak terdapat jaringan listrik dari PLN,” paparnya.

Soal lahan sepenuhnya disediakan oleh pihak desa, sehingga jika desa yang bersangkutan tidak siap untuk menyediakan lahan maka pemerintah daerah akan mencari lokasi lain yang telah ditentukan..

”Untuk lokasi di Desa sepempang masih tahap proses musyawarah. Jika belum menemukan kesepakatan, maka alternatif lain pabrik es akan ditempatkan di Pasar Ikan Ranai,” ungkapnya. Sofiandi berharap, keberadaan pabrik es mini dapat dikelola dengan baik sehingga mampu memenuhi kebutuhan es para nelayan kecil.

”Kapasitas 3 ton ini untuk para nelayan kecil. Sedangkan untuk nelayan yang memiliki kapasitas besar pabrik es mini belum memadai,” tutupnya.(HERDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here