Puskesmas Kundur Jadi Rumah Sakit Tipe B

0
430
BUPATI Karimun Aunur Rafiq memberikan pengarahan kepada pegawai Puskesmas Tanjung Batu, Kundur beberapa waktu lalu. F-ALRION/tanjungpinang pos

Pemerintah Kabupaten Karimun akan menaikkan status Puskesmas Kundur di Tanjung Batu menjadi Rumah Sakit (RS) Tipe B pada tahun 2019. Untuk itu, segala bentuk sararana dan prasarananya (Sarpras) turut disiapkan sesuai standar Rumah Sakit tipe B.

KARIMUN – ”Insya Allah, Puskesmas Kundur akan naik status menjadi RS. Sebagaimana cita-cita pak gubernur terlebih dahulu yaitu Pak Sani yang juga mantan Bupati Karimun. Sehingga, disiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk menjadi rumah sakit,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, Selasa (30/10).

Bangunan Puskesmas Kundur di Tanjung Batu, dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kepri. Untuk menjadi RS, kata Rafiq, perlu pembenahan sarana dan prasarana termasuk alat-alat medis, ketersediaan tenaga perawat, dokter dan obat obat lain harus disiapkan sesuai standar RS tipe B.

”Pemerintah Kabupaten Karimun, melalui Dinas Kesehatan serta Dinas Kesenatan Provinsi Kepri akan berkoordinasi tentang hal-hal yang dianggap perlu. Apakah harus ada penambahan tenaga medis dan lainnya,” tambah Rafiq.

Melihat letak-letak Pulau Kundur yang lebih luas dari Pulau Karimun, lanjut Rafiq, sudah selayaknya ada Rumah Sakit yang berdiri Pulau Kundur.

”Kelak setelah beroperasi, masyarakat dari 5 Kecamatan akan lebih dekat mendapat layanan kesehatan di Tanjung Batu,” kata Anwar, salah seorang masyarakat Kundur Barat.

Terutama, untuk ibu-ibu yang hendak melahirkan dan butuh tindakan medis ditingkat RS tidak perlu dibawa lagi ke Pulau Karimun.

”Untuk itu, perlu disiapkan tenaga medis yang siap dan layanan yang maksimal. Sehingga keluhan pasien kelak, dapat diminimalisir,” harap Anwar. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here