Puskesmas Ranai Wakili Kepri di Ajang Nasional

0
784
FOTO BERSAMA: Para staf dan pegawai foto bersama di Puskesmas Ranai. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Setelah melalui proses penilaian, Puskesmas Ranai juara pertama mengikuti lomba metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) kategori puskesmas. Keluar sebagai juara pertama, Puskesmas Ranai akan mewakili Provinsi Kepri di tingkat nasional. Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Kesehatan Natuna Damahmita saat menemani tim penilai lomba MKJP dari BKKBN, Senin (12/6).

”Puskesmas Ranai mempunyai nilai lebih dari seluruh puskesmas yang ada di Provinsi Kepri, baik dari administrasi, layanan kesehatannya, sehingga Puskesmas Ranai menjadi juara satu di tingkat provinsi,” ujar Damahmita.

Baca Juga :  Rumah Nelayan Segera Ditempati

Selain itu, Puskesmas Ranai dinilai berhasil melaksanakan program MKJP. Dari data yang ada, Puskesmas Ranai mampu menekan angka kelahiran. Menurutnya, Puskesmas Ranai bukan saja bagus dalam administrasi dan menekan angka kelahiran, tapi juga berhasil mengurangi angka kematian ibu dan anak serta mengatur jarak kelahiran.

”Mengajak masyarakat awam untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB), dengan menggunakan metode MKJP cukup sulit. Karena masyarakat terbiasa menggunakan pil dan suntik KB,” sebutnya. Namun, untuk masalah ini Puskesmas Ranai berhasil menggunakan metode MKJP ini.

Baca Juga :  Jalan Lingkar Pulau Laut Diprioritaskan

Ia menjelaskan, metode MKJP adalah metode kontrasepsi jangka panjang seperti IUD (spiral), Implant, MOW, serta MOP. Menurut tim penilai, Puskesmas Ranai berhasil mensosialisasikan hal tersebut. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya data masyarakat yang ikut program MKJP. Metode MKJP ini dapat terlaksana karena adanya kerja sama yang baik, antara dinas kesehatan dengan UPT.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here