Puskesmas Serasan Gagal Direnovasi

0
565
Bangunan: Puskesmas Serasan yang sudah dibangun puluhan tahun mulai dibicarakan status lahannya f-

NATUNA – Rencana renovasi bangunan Puskesmas Serasan tidak bisa dilakukan oleh Pemkab Natuna. Pasalnya, bangunan puskesmas tersebut berdiri di lahan yang belum jelas statusnya.

Anggota DPRD Natuna H Pang Ali menyayangkan gagalnya renovasi Puskesmas Serasan itu. Padahal, katanya, Puskesmas Serasan itu sudah berdiri sejak tahun 1970 lalu.

Gedung Puskesmas tersebut dibangunan di atas lahan milik warga. Hanya saja, serah terima lahan itu hanya secara lisan. Akibat akad hibah hanya secara verbal, hingag tidak ada bukti kuat kalau lahan itu sudah dihibahkan.

”Hingga kini, status kepemilikan lahan itu jadi tak jelas. Karena pemerintah tidak mengantongi bukti kepemilikan secara administratif,” terang H Pang Ali, Sabtu (6/5).

Meski gedung puskesmas yang sudah berusia puluhan tahun perlu perbaikan di sejumlah bidangnya, namun itu tidak bisa diwujudkan.

”Sekarang pemerintah jadi serba salah karena sertifikat lahan tak ada. Mau diperbaiki salah, mau dibiarkan begitu saja juga salah karena bangunan ini bermanfaat bagi orang banyak, khususnya untuk kesehatan,” terang Pang Ali.

DPRD secara khusus mendorong pemerintah cepat membebaskan semua asetnya. Agar pelayanan ke masyarakat tidak terganggu.

”Makanya kami di DPRD membentuk Panja Penyelamatan Aset yang khusus mengurus kasus-kasus seperti ini. Kasian masyarakat bila pelayanannya terkendala dengan hal-hal seperti itu,” tutupnya.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti menambahkan, pemerintah sudah mulai melakukan upaya memperjelas status lahan itu.

”Sekarang kita sedang melakukan pendataan, kemudian kita koordinasikan dengan pihak terkait, termasuk pihak yang mengklaim kepemilikian aset,” ungkap Ngesti. (cr25)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here