Puskesmas Tak Selesai, Kontrak Diputus

0
225
TINJAU proyek: Bupati Natuna Hamid Rizal meninjau proyek puskesmas belum lama ini. F-ISTIMEWA

NATUNA – PEMBANGUNAN Puskesmas Serasan tidak dapat diselesaikan tahun ini. Akibatnya, Pemkab Natuna memutus kontrak dengan pihak kontraktor pemenang lelang. Tahun ini, hanya dua puskesmas yang bisa selesai yakni Puskesmas Subi dan Puskesmas Pulau Laut.

Kabid Penanggulangan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah memastikan, hanya pembangunan Puskesmas Serasan yang terhambat. Sedangkan untuk Puskesmas Subi dan Pulau Laut ditargetkan selesai pada tanggal 20 Desember ini.

”Di Serasan sifatnya renovasi, dan tahun ini tidak bisa selesai. Karena itu, kita terpaksa memuutus kontrak dan kontraktornya dan kita black list kontraktor itu,” tegas Hikmat, di tempat kerjanya, kemarin.

Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, dan faktor itu di antaranya kendala cuaca. Sehingga distribusi material tidak bisa berjalan sebagai mestinya. ”Itu sudah jadi risiko kontraktor. Semestinya sejak awal mereka bisa mensiasatinya,” ujar Hikmat.

Hikmat memastikan, untuk Puskesmas Pulau Laut sudah bisa dioperasikan tahun depan. Sebab, saat ini sedang dilakukan proses finishing bangunan.

”Begitu juga dengan Puskesmas Subi. Jka tidak ada halangan, tahun depan juga bisa dioperasikan. Puskemas Serasan akan dilakukan lelang ulang tahun 2019. Karena aturan penggunaan DAK seperti itu,” tutupnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here