Puskesmas Tanjungunggat Megah

0
636
Puskesmas Tanjungunggat yang berdiri megah. F-ISTIMEWA

Sabtu Diresmikan Walikota

Pemerintah Kota Tanjungpinang terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan kepada masyarakat. Kini hadir Puskesmas Tanjungunggat yang megah dengan fasilitas hampir sama dengan rumah sakit. Rencananya, akan diresmikan walikota, Sabtu (5/1).

TANJUNGPINANG – Peresmian puskesmas tersebut bersamaan Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke 235.

Puskesmas ini dibangun dua dua lantai, luas bangunan kurang lebih 500 meter persegi. Ruang yang tersedia meliputi ruang pendaftaran poli umum, poli lansia, poli kesehatan ibu dan persalinan, ruang laktasi, poli kesehatan anak, poli KB, ruang Instalasi Gawat Dararut (IGD) dan tindakan, ruang kasir dan pelayanan obat, ruang laboratorium, gudang obat dan umum, medical record, poli kesehatan gigi, ruang gizi, ruang kesling, ruang program, ruang tata usaha, ruang keuangan, ruang kepala Puskesmas dan ruang rapat.

Baca Juga :  DPRD Belum Bahas Kenaikan Pas SBP

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam kini di Tanjungpinang sudah ada 7 puskesmas dari empat kecamatan. Puskesmas Tanjungunggat berdiri sejak 2014 memanfaatkan eks bangunan Puskesmas Pembantu.

”Sengaja ditingkatkan karena jumlah penduduk cukup besar dan padat serta sebagian besar merupakan kelompok menengah ke bawah. Dengan dioperasikan Puskesmas maka jarak ke fasilitas kesehatan menjadi lebih dekat dan biaya transportasi warga yang akan berobat murah,” kata Rustam, kemarin.

Sambung dia, setelah di evaluasi tiga tahun berjalan, ternyata pemanfaatan oleh masyarakat sangat baik, sehingga Dinkes mengannggap perlu ditingkatkan sarana prasarana, kualitas dan pelayanannya.

”Alhamdulillah melalui Dana DAK tahun 2018, Pembangunan gedung baru Puskesmas Tanjungunggat ini dapat diselesaikan tepat waktu. Dan sudah mulai uji coba pelayanan sejak Sabtu 22 Desember, lalu,” bebernya.

Baca Juga :  Pengelolaan SWRO Tunggu APBD Perubahan

Ditegaskan Rustam, kalau tidak ada aral melintang, Insya Allah secara resmi, pemakaian gedung baru Puskesmas ini akan dilakukan pada Sabtu 5 Januari 2019 bersempena Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke 235

Peresmian diagendakan oleh Walikota Tanjungpinang bersama Wakil Walikota Tanjungpinang dengan mengundang para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, tokoh masyarakat, lurah RW RT, para kepala sekolah, kader dan warga masyarakat sekitar.

Rangkaian acara peresmian akan diawali dengan jalan bersama dan senam sehat, pelayanan kesehatan, KB dan skrining kanker serviks.

”Kalau kita lihat jumlah penduduk di Tanjungpinang, untuk saat ini minimal di Tanjungpinang harus ditambah satu lagi puskesmas,” ujarnya.

Baca Juga :  Petani Tanjung Moco Berhasil Budidayakan Bunga Kol

Sebab, di Tanjungpinang baru ada tujuh puskesmas yang tersebar di empat kecamatan. Bahkan Walikota Tanjungpinang H Syahrul ingin bangun satu puskesmas di wilayah Tanjungpinang Barat, karena belum ada satupun di wilayah tersebut. Meskipun di warga Tanjungpinang Barat banyak berobat di Puskesmas Seipancur, karena berada di perbatasan antara Tanjungpinang Barat dan Kecamatan Bukit Bestari.

”Pak Walikota ingin bangun di kawasan Tanjungpinang Barat, semoga terwujud,” ujarnya.

Rumah sakit saja ada tiga, yakni RSUD Tanjungpinang, RSUP Tanjungpinang dan RS Angkatan Laut Tanjungpinang. (ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here