Putaran Provinsi Paling Lambat Juli

0
588
PLT Ketua Asprov PSSI Kepri Johar Lin Eng (baju batik) bersama peserta KLB Asprov Kalimantan Barat, Sabtu lalu.f-istimewa

Liga 3 Indonesia Dibagi Tujuh Regional

TANJUNGPINANG – PLT Ketua Asprov PSSI Kepri Johar Lin Eng kembali berharap, agar semua pihak turut menyukseskan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kepri, 20 Maret ini. Karena, agenda besar yang dihadapi di musim 2018, yaitu pelaksanaan Liga 3 Indonesia.

Liga 3 Indonesia putaran provinsi itu, jelas Johar Lin Eng, jadwal kompetisinya dimulai April sampai dengan Juli 2018. Artinya, kompetisi liga 3 putaran di Provinsi Kepri itu paling lambat selesai, pada Juli 2018. Karena, putaran regional dilaksanakan Agustus 2018, sebelum masuk ke putaran nasional.

Baca Juga :  Panitia Sebarkan Undangan Kongres

”Dari rentang waktu, bulan April sampai dengan Juli lah, pelaksanaan Liga 3 Indonesia putaran provinsi dilaksanakan. Ini sudah dituangkan dalam surat edaran PSSI pusat mengenai ketentuan umum Liga 3 Indonesia, musim 2018,” kata Johar Lin Eng, saat menghubungi Tanjungpinang Pos, usai pembukaan KLB Asprov PSSI Kalimantan Barat, kemarin.

Format dan sistem kompetisi putaran provinsi Liga 3 itu, lanjutnya, diserahkan kepada masing-masing Asprov PSSI (tingkat provinsi). Asprov yang menyusun sistem kompetisi di putaran provinsi, tapi harus mempertimbangkan aspek pengembangan sepak bola (football development). Kemudian, jeda waktu antara satu pertandingan ke pertandingan lainnya, harus cukup. ”Jumlah minimal pertandingan per tim itu, 12 pertandingan,” jelasnya.

Baca Juga :  ”Tak Ada yang Nyangka Kami ke Final”

Format kompetisi tersebut, jelas Johar Lin Eng, seharusnya dikirim Asprov ke PSSI pusat, per 1 Maret 2018 lalu. Untuk mendapat persetujuan dari PSSI.

”Nah, KLB pemilihan Asprov PSSI Kepri ini harus kita gesa. Sehingga, semua ini bisa disampaikan ke PSSI,” harap Johar lagi.

Setelah liga 3 putaran provinsi selesai, tambah Johar Lin Eng, tim juara akan melanjutkan pertandingan di tingkat regional. Untuk liga 3 Indonesia musim 2018 ini, dibagi menjadi 7 regional. Yaitu, regional Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku, dan regional Papua.

Baca Juga :  Sabtu Depan, Seleksi Pemain di Sulaiman Abdullah

Untuk kuota di laga tingkat regional, disusun dengan mempertimbangkan jumlah maksimum klub peserta di tiap-tiap provinsi (Asprov). Kompetisi kemungkinan dilaksanakan dengan sistem gugur, dengan format home-away.

”Total klub yang lolos dari babak regional ke tingkat nasional, itu 24 klub. Mari kita tuntaskan KLB Asprov PSSI Kepri, untuk menuju Liga 3 Indonesia,” harap Johar Lin Eng, Minggu (11/3).(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here