Putaran Siklonik Kuat, Curah Hujan Tinggi

0
200
PRAKIRAWAN Stasiun BMKG Tanjungpinang Ardhito sedang memantau perkembangan cuaca di wilayah Provinsi Kepri. f-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mendeteksi, bahwa putaran siklonik atau pusaran angin di pulau Bintan, sampai ke perairan utara Kalimantan, cukup kuat. Pusaran angin diprediksikan akan berlangsung tiga hari ke depan, dan menyebabkan curah hujan tinggi.

Menurut Prakirawan Stasiun BMKG Tanjungpinang, Ardhito, putaran siklonik tidak berbahaya. Hanya saja, putaran ini menyebabkan terjadinya gumpalan awan. Sehingga, curah hujan di wilayah Provinsi Kepri cukup tinggi. Hujan yang bakal terjadi bersifat hujan ringan hingga deras, sering disebut deras membasahi daerah tertentu. ”Hujan lokal saja. Tapi, secara bergantian. Misalnya, biasa jadi nanti turun hujan di daerah Bintan. Dengan hari bersamaan, di daerah Tanjungpinang. Tapi, hujannya lokal dan sementara,” kata Ardhito, Minggu (27/5).

Siklonik akan berdampak munculnya awan kumulonimbus, yang berwarna hitam. Apabila muncul awan kumulonimbus, masyarakat dan nelayan serta jasa angkutan transportasi laut disarankan berhati-hati. Pasalnya, awan ini akan berdampak pada terjadinya tinggi gelombang secara tiba-tiba.

”Alhamdulillah, sampai saat ini tinggi gelombang kita masih stabil. Untuk perairan laut Natuna dan Anambas hanya mencapai 0,8 meter. Sedangkan perairan laut Tanjungpinang, Bintan, Batam, Karimun dan Lingga mencapai 0,5 meter,” ucap dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here