Puteh Siap Bantu Jadi Fasilitator Papua

0
100
Abdullah Puteh saat silaturahmi dengan calon anggota DPD RI wilayah Sumatera di Batam, Senin (19/8).

Sarankan Pendekatan Tanpa Senjata

BATAM – Kondisi Papua yang memanas hari ini, direspon Anggota DPD RI terpilih, yang juga mantan Gubernur Aceh, Abdullah Puteh saat di Batam. Dinyatakan, dia siap membantu mengatasi konflik Papua. Berangkat dari pengalamannya di Aceh, Puteh menilai jika pendekatan yang bisa dilakukan dalam menangani konflik Papua, dengan pendekatan tanpa senjata.

Pernyataan itu disampaikan Abdullah Puteh, saat melakukan silaturahmi calon anggota DPD RI wilayah Sumatera, Senin (19/8) di Batam. Walau diakui, konflik di Papua dan Aceh berbeda, namun bisa diselesaikan dengan penyelesaian lewat komunikasi, pemerataan pembangunan dan tanpa senjata.

“Saya siap menjadi fasilitator untuk mendamaikan Papua. Karena bagaimana DPD memperjuangkan kemerataan pembangunan kedepan. Termaksud untuk Papua melalui DPD,” ungkap Puteh.

Diingatkan, pendekatan yang harus dilakukan untuk Papua, melalui pendekatan dari hati ke hati. Menurutnya, saat berupaya menjalin perdamaian dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), dirinya sebagai gubernur bertemu dengan pimpinan GAM, hampir tiap malam. 

“Tapi dengan seijin Presiden. Dekati dengan hati. Perdamaian di Papua masih bisa diciptakan, dengan cara mengetuk hati orang papua,” ajak Puteh.

Menurutnya, jika konflik diselesaikan dengan hati, perdamaian sulit dicapai. Walau TNI menang dikota, namun tidak di pedesaan. Sama seperti saat GAM dijaman kepemimpinan Puteh di Aceh.

“TNI mungkin menang di kota, tapi GAM menang di desa, yang kalah siapa?,” tanyanya.

Menurutnya, langkah lain perlu dilakukan, dengan pemerataan pembangunan. Menciptakan program yang baik di daerah. Pemerintah harus mengentaskan kemiskinan secara komprehensif. 

“Kalau inti masalahnya selesai, maka tidak akan ada yang memberontak,” himbaunya.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here