Rabu, KPU Kota Mulai Lipat Surat Suara

0
116
Terlihat beberapa wanita sedang melipat kertas suara waktu pilkada. KPU Kota Tanjungpinang bakal mulai melipat hingga sortir surat suara Pemilu 2019, Rabu nanti. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Tanjugpinang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mulai melakukan pelipatan kertas suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Rabu (6/3). Pelipatan kertas suara akan berlangsung di rumah toko (ruko), yang telah disewa oleh KPU Kota Tanjungpinang berada di Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas Tanjungpinang.

”Insyaallah, kita akan libatkan 50-an orang untuk melipat kertas suara,” kata Aswin Nasution, Ketua KPU Kota Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Senin (4/3).

Pelipatan hingga penyortiran kertas suara Pemilu 2019, KPU Kota Tanjungpinang bakal melibatkan pihak Kepolisian dari Polres Tanjungpinang dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungpinang. Karena pihak polisi melakukan pengamanan.

Sedangkan pihak Bawaslu Kota Tanjungpinang melakukan pengawasan terhadap proses pelipatan hingga penyortiran kertas suara Pemilu 2019. Sehingga pelipatan kertas suara bisa berjalan dengan lancar.

Awalnya, pekerja mulai melipat hingga menyortir kertas suara milik calon anggota DPRD Kota Tanjungpinang. Setelah itu, baru pekerja melanjutkan penyortiran hingga pelipatan kertas suara milik calon DPRD Provinsi Kepri daerah pemilihan (Dapil) 1.

Setelah selesai, pekerja kembali menyortir hingga melipat kertas suara milik calon DPR RI, DPD RI dan terkahir kertas suara milik calon presiden dan wakil presiden.

Berdasarkan data yang diterima KPU Kota Tanjungpinang melalui KPU Provinsi Kepri dari pihak ekspedisi, ada sebanyak 773.471 lembar kertas suara yang dikemas ke dalam 1.167 boks.

Untuk kebutuhan Pemilihan Presiden (Pilpres), ada sebanyak 154.094 lembar yang dikemas kedalam 78 boks. Sedangkan surat suara untuk calon anggota DPD RI sebanyak 154.094 lembar yang dikemas ke dalam 155 boks yag sudah dipisah. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here