Rachma Jadi Duta BP Batam

0
602
Suasana final pemilihan Duta BP Batam yang digelar di Bundaran BP Batam, Sabtu (3/2) malam. Acara ini dihadiri oleh Putri Parawisata Indonesia 2017, Karina Nabila. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, menggelar malam puncak, final duta BP Batam. Pada acara yang dihadiri Putri Parawisata Indonesia 2017 itu, Karina Nabila, Duta BP Batam diraih Rachma Utari Damarasri. Pemasangan mahkota dilakukan Nabila dengan disaksikan Kepala BP Batam. Selanjutnya, perempuan yang biasa dipanggil Tari itu, akan bertugas untuk mempromosikan Batam.

Malam final duta BP Batam itu berlangsung, Sabtu (3/2) di halaman samping gedung BP Batam. Malam terpilihnya mahasiswi Politeknik Negeri Batam ini, digelar juga car free night dan stand-stand UMKM. Hadir Ketua DPRD Batam, Nuryanto bersama anggota DPRD Batam, Udin P Sihaloho, Budi Mardianto, Kadis Parawisata Batam, Pebrialin dan Kadis Parawisata Kepri, Buralimar serta forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD).

Sepanjang jalan depan gedung BP Batam, ribuan warga memenuhi arena. Selain sebagian menonton di depan panggung Duta BP Batam, sebagian memilih menonton melalui layar lebar di bundaran BP. Selain itu, ada juga yang memilih untuk menikmati kuliner di stan-stan UMKM. Sebagian bersepeda mengelilingi wilayah itu, hingga ada juga yang menggelar senam diwilayah itu.

Baca Juga :  Tim Kemdikbud Data Kerusakan Museum Batam

Rachma Utari sendiri terpilih menjadi duta BP Batam 2018, mengalahkam 13 finalis lainnya. Selain itu, terpilih sebagai runner up I dalam pemilihan ini Friska Delfia. Sementara Duta Kreatif BP Batam diraih Bagus, Duta Berbakat BP Batam diraih Beby Anggraini dan Duta Favorit adalah Bela Febiola.

Malam final berlangsung dibuka Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo. Menurut Lukita, pemilihan finalis Duta BP Batam sangat menguras energi dan menjalani proses yang cukup panjang. ”Siapapun yang terpilih, akan menjalankan tugas berat,” kata Lukita.

Diingatkan, Duta BP Batam akan berada dibarisan terdepan untuk mempromosikan Batam. Duta Batam diharap akan membantu mendatangkan investasi dan pariwisata serta mendongkrak ekonomi Batam. ”Nantinya kalian akan mengemban tugas baru. Duta BP Batam akan menjadi corong dunia,” harapnya.

Baca Juga :  Pemko-BP Mesti Punya Konsep Wisata Bersama

Lukita mengingatkan, Batam merupakan penyumbang wisman terbesar ke-3 di Indonesia. Potensi parawisata Batam diingatkan, harus dimaksimalkan, dengan letak strategis. Duta Batam diingatkan harus membantu mendorong parawisata dan investasi.

”Kita akan tingkatkan perkembangan industri dan mendorong Batam sebagai pusat logistik. Pengembangan destinasi dan agenda parawisata menjadi sangat penting,” harapnya.

Pemilihan duta BP Batam bersama pemuda/pemudi juga dimaksudkan untuk membangkitkan atau memajukan muda-mudi Batam. Sehingga memiliki optimisme kedepan. Pemuda yang menjadi duta BP Batam diyakini dapat mempromosikan Batam lebih mudah dan kreatif.

”Saya yakin, promosi akan lebih mudah dengan bahasa pemuda zaman now, melalui medsos. Kami ingin menunjukkan bagi masyarakat Batam dan Indonesia, kita memiliki pemuda/pemudi yang hebat,” imbuh Lukita.

Terkait dengan keberadaan stand-stand UMKM malam itu, diakui, untuk menangkap potensi pengembangan UMKM kedepan. ”Kita melihat, Batam memiliki ekonomi kreatif. Kita akan sangat mendukung UMKM. Sementara Batam car free night untuk mendekatkan dengan masyarakat dan komunitas,” imbuhnya mengakhiri.

Baca Juga :  Bikin Investasi Strategis, Perumahan Summer Coast Tiban Usung Konsep "One Stop Living"

Usai acara, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Pebrialin berharap, pemilihan Duta BP bisa membantu meningkatkan pariwisata di Batam ke depannya. Kegiatan itu dinilai menjadi tambahan atraksi parawisata Batam. ”Kita harapkan, sinergi antara BP Batam, Pemko Batam dan seluruh stakeholder yang ada di Batam bisa terus terjalin,” harap Pebrialin.

Sementara Kadispar Kepri, Buralimar menyambut baik kegiatan malam itu. Kegiatan itu juga diakui, jika dilakukan konsisten setiap tahun, akan menambah agenda parawisata Batam. ”Semakin banyak kegiatan parawisata, semakin baik. Ini karena kita ingin lebih meningkatkan lagi angka kunjungan pariwisata ke Kepri,” imbuh Buralimar.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here