Rafiq Tambah Fasilitas Puskesmas

0
618
BUPATI Karimun Aunur Rafiq saat mengunjungi Puskesmas Durai dan menyapa seorang ibu yang sedang membawa anaknya untuk cek kesehatan.F-ISTIMEWA

Bupati Aunur Rafiq mengatakan, akan menambah fasilitas di Puskesmas Durai untuk kemudahan masyarakat mendapat layanan kesehatan.

KARIMUN – Selain itu, Rafiq juga akan menambah tenaga kesehatan di puskesmas itu. ”Paling lambat tahun depan fasilitas di Puskesmas Durai akan ditambah dengan ruang rawat inap. Sehingga, masyarakat yang membutuhkan perawatan tidak harus menuju Pulau Karimun. Terkecuali untuk beberapa jenis penyakit tertentu seperti jantung dan lainnya. Termasuk dengan menambah jumlah tenaga medis,” kata Aunur Rafiq, Selasa (30/1).

Saat ini, di Puskesmas Durai ada satu orang dokter umum dibantu dengan tenaga perawat dan staf. Ke depan, lanjut Rafiq, akan ditambah minimal tiga orang dan dapat bertukar jam kerja untuk piket rawat inap. Puskesmas juga akan didukung ruang dengan tindakan bedah seperti operasi.

Baca Juga :  Rafiq Lantik BPD di Desa Pongkar

Hal itu, kata Rafiq, akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang tersedia. ”Sebab, selain Puskesmas Durai seperti puskesmas lain di Kecamatan Meral Barat masih butuh perhatian dengan beragam fasilitas pendukung atau alat medis,” kata Rafiq.

Ia berharap, petugas medis di puskesmas dapat mensosialisasikan pentingnya kesehatan.Dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga lingkungan yang bersih dan indah termasuk dengan menerapkan pola makan sehat.

Pemerhati kinerja aparatur daerah Abizar berharap, dengan besarnya APBD Karimun di atas Rp 1 triliun sepatutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun membebaskan biaya berobat seluruh masyarakat tanpa berbeda golongan atau kelas ekonomi masyarakat di rumah sakit pemerintah.

Baca Juga :  Siswa SD Diberikan Pemahaman Tentang Narkotika

Ia yakin, Karimun mampu membebaskan biaya kesehatan bagi masyarakat tanpa harus mengurus surat tidak mampu. ”Dengan syarat, bahwa pasien minimal telah tinggal atau bermukim di Kabupaten Karimun selama satu tahun tetap,” saran Abizar.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here