Rafiq Tinjau PISEW Air Bersih

0
30
BUPATI Karimun Aunur Rafiq membuka keran sumber air bersih di Kelurahan Sungai Raya, Meral, Karimun, Kamis (8/11). F-ISTIMEWA

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kamis (8/11) pagi meninjau sumber air bersih di Kelurahan Sungai Raya dan Parit Benut, Meral, Karimun.

Sumber air bersih dibangun, melalui program Pengembangan Insfratruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Kawasan Pemukiman Provinsi Kepri.

Sumber air bersih dibangun melalui dana APBN tahun 2018 senilai Rp600 juta yang dibangun di dua kelurahan yaitu Sungai Raya dan Kelurahan Parit Benut. Air bersih disalurkan ke rumah penduduk. Tak hanya pembangunan, namun juga pengelolaan sumber air bersih termasuk perawatan dikelola oleh masyarakat setempat.

Nantinya, dana yang dipungut dari masyarakat akan digunakan untuk perawatan peralatan pipa dan mesin serta orang yang bekerja mengawasi mesin air dan lainnya termasuk melakukan perbaikan, jika terjadi kerusakan dan lainnya.

”Dengan diresmikannnya sumber mata air bersih ini. Bertahap, persoalan air bersih di Karimun dapat teratasi. Selain didukung sumber air milik pemerintah, yang dikelola oleh PT Tirta Karimun sangat terbantu dengan sumur sumur di pemukiman penduduk,” kata Aunur Rafiq

Ia berharap, sumber mata air dapat memenuhi kebutuhan penduduk di Kelurahan Sungai Raya dan Parit Benut yang selama ini kesulitan mendapat sumber air bersih. Dukungan masyarakat sangat diperlukan, untuk kelangsungan dan kelancaran air mengalir ke rumah penduduk.

Rafiq menambahkan, persoalan air bersih memang masih salah satu persoalan yang kerap disampaikan masyarakat.

Terutama ketika berkunjung ke wilayah pulau, pemerintah siap membangun jaringan air bersih tetapi sumber air bersih yang minim yang menjadi kendalanya.

Tahun ini, di Karimun ada 5 kecamatan mendalag program PISEW dengan total anggaran Rp3 miliar. Masing-masing Kecamatan mendapat alokasi Rp600 juta, program ini tidak hanya membangun sumber air bersih. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here