Rafiq Usulkan Ranperda Kependudukan

0
382
BERBINCANG : Bupati Karimun Aunur Rafiq berbincang dengan Ketua Komisi III DPRD Karimun Rasno dan Ady Hermawan usai paripurna, belum lama ini. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karimun.

Usulan itu disampaikannya melalui sidang paripurna yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD Karimun Azmi, kemarin.

Dalam penyampainnya Aunur Rafiq menyebutkan, sebagaimana amanat Undang-undang no. 24 tahun 2013 tentang perubahan Undang-undang no. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan secara nasional.

Maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, melalui rancangan Perda ini sebagai acuan bagi aparatur penyelenggara pelayanan penerbitan dokumen kependudukan.

Selain itu, untuk melakukan inovasi pelayanan penyelenggaraan administrasi kependudukan dengan tujuan pelayanan yang lebih efektif dan efisien.

”Ranperda ini sebagai dasar untuk penyelenggaraan administrasi kependudukan. Sehingga, dapat dipadahami dan diimplementasikan oleh Pemda, untuk kemudian disosialisasikan kepada masyarakat. Saya mohon dukungan dari pihak dewan, agar segera dilakukan pembahasan,’’ ujar Aunur Rafiq.

Untuk masa berlaku KTP-el yang sebelumnya 5 tahun, sekarang sudah dirubah menjadi seumur hidup baik yang sudah diterbitkan maupun yang akan diterbitkan sepanjang tidak ada perubahan elemen data kependudukan.

Kemudian, yang paling penting adalah dalam memberikan pelayanan publik yang semula yang diwajibkan aktif adalah penduduk. Namun, nanti dirubah menjadi petugas Pemda yang aktif untuk jemput bola dalam pengurusan KTP-el.

”Di sini, kita (Pemkab Karimun, red), di Disduk Karimun langsung terjun ke masyarakat dalam melakukan pendataan KTP-el. Agar, data kependudukan benar-benar akurat nantinya yang langsung di entri ke pusat,” ungkapnya.***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here