Rakernas Kopek Lahirkan 5 Kesepakatan

0
155
BUPATI Lingga H Alias Wello bersama bupati dari daerah penghasil kelapa berfoto usai Rakernas Kopek F-Istimewa

LINGGA – Meski tidak dihadiri Presiden RI, Joko Widodo Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Koalisasi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) berjalan dengan lancar.

Lima kesepakatan dari Rakernas tersebut, yakni memdorong dengan segera ketataniagaan kelapa, membangun sektor ini dengan target luas kebun kelapa dengan 5 juta hektare, membanguan induatri kelapa dengan model kerjasama regional, memiliki otoritas kelapa yang mengurus hulu dan hilir kelapa, dan mendirikan akademi kelapa dibeberapa kawasan penghasil kelapa diaharapkan dapat mengembalikan kejayaan kelapa kelapa Indonesia seperti tema rakernas dapat terealisasi.

“Lima kesepakatan ini, maka kami sebut lima pesan Lingga,” kata Bupati Lingga, H Alias Wello kepada Tanjungpinang Pos, usai pembukaan Rakernas Kopek ke-II di Gedung Nasional Dabo Singkep, Rabu (21/11).

Selain menghasilkan lima pesan Lingga, Rakernas juga menyepakai untuk Rakernas Kopek ke-III akan dilaksanakan di Bali.

Kopek merupakan organisasi mitra pemerintah pusat, untuk mengembangkan potensi kelapa dengan bekerjasama dengan pemangku kebijakan kelapa lainnya dengan prinsip kesetaraan untuk secara bersama bekerja mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan melalui komoditas kelapa.

“Lima pesan ini, merupakan rumusan yang telah dibicarakan dari pertemuan yang telah dilakukan sebelumnya,” kata pria yang akrab disapa Awe ini.

Setelah Rakernas berakhir, dilanjutkan dengan Festival Kelapa yang dilakukan di lapangan Merdeka Dabo Singkep.

Berbagai kreasi barang bernilai ekonomis, yang berasal dari kelapa dipamerkan kepada masyarakat. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here