Ramadan, Jam Kerja Hanya 6,5 Jam

0
535

LINGGA – Selama bulan Ramadan jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dijajaran Pemerintahan Kabupaten Lingga berkurang satu jam setiap hari. Pada hari kerja normal ASN bekerja selama 7,5 jam dalam seharinya atau 37,5 jam dalam satu bulan

Untuk Ramadan, jam kerja dikurangi menjadi 6,5 jam atau 32,5 jam seminggu hari kerja. Hal ini disampaikan Plt Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (KPP) Kabupaten Lingga Ary Stya Dhrama, Rabu (31/5).
”Selama Ramadan ASN di Lingga, pulang lebih awal satu jam dari jadwal biasanya. Karena pengurangan satu jam, kerja setiap hari,” kata Ary.

Dijelaskannya, pengurangan satu jam kerja dilakukan pada jam pulang kerja. Untuk masuk dan istrahat kerja tidak ada yang berubah. ASN masuk kerja pada pukul 08.00 dan istirhat pukul 12.00 WIB untuk hari Senin hingga Kamis.

Sedangkan, hari Jumat istirahat dimulai pukul 11.30 hingga 01.30 WIB.
Untuk itu, KPP Lingga terus melakukan monitoring kedisiplinan ASN melalui rekap absensi yang diberikan setiap OPD.

Apabila ada ASN yang melanggar disiplin dengan tentunya akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. ”Sanksi diberikan mulai teguran hingga pemberhentian sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan,” jelasnya.

Untuk sanksi moral, ASN yang melanggar disiplin akan sulit untuk mengurus hak sebagai ASN diantaranya, kepenguruaan pensiun, serta Taspen. Dia berharap, setiap ASN menyadari bahwa disiplin kerja yang ditetapkan pada dasarnya agar roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Sehingga, masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal. ”Dengan begitu tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai sesuai visi misi yang diusung,” harapnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here