Ramadan, Ramai-ramailah ke Masjid

0
1025
CERAMAH: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat ceramah di Masjid At Taqwa Simpang Lagoi, kemarin. f-istimewa/humas pemprov kepri

SENGGARANG – Puasa Ramadan dan Idul Fitri tahun 2017 ini dipastikan akan berlangsung sama. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Kepri, menetapkan awal puasa Ramadan akan jatuh hari ini, Sabtu 27 Mei 2017. Sementara, Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada 25 Juni 2017 nanti. Hal ini disampaikan Tim Hisab Rukyat, Kasi Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Kepri H. Utha Cuandra kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (26/5) di Senggarang.

”Sabtu (hari ini) kita sudah puasa. Walaupun tak nampak hilalnya tapi di 33 provinsi sudah ada yang kelihatan. Jadi, kalau misalnya satu provinsi saja, bisa nampak, sudah jadi acuan,” terang Utha.

Utha tidak menampik bahwa jadwal awal puasa dan lebaran pada Juni mendatang dipastikan bersamaan. Kebersamaan penyambutan Ramadan serta lebaran ini terjadi karena posisi hilal saat ijtimak sudah 8 derajat.

”Tidak dapat melihatnya khusus di Kepri karena awan itu tebal tingkat kabut di horizon agak kuat,” tambahnya.

Dan di seluruh wilayah Indonesia, pada saat terbenam matahari itu, posisi rembulan atau bulan sabit berada di atas ufuk. Sehingga 1 Ramadan 1438 H jatuh pada hari Sabtu, 27 Mei 2017 M.

Utha menambahkan, kebersamaan juga akan terjadi pada Idul Fitri. Untuk Idul Fitri, ijtimak jelang Syawal 1438 H terjadi pada hari Sabtu, 24 Juni 2017. Seperti tahun 2016, Tim Rukyat Hilal Ramadan Kanwil Kemenag Kepri dilakukan di Cafe Puncak, sekitar pukul 17. 00 WIB. Pemantauan rukyat hilal ini dipimpin langsung kepala Kanwil Kemenag Kepri H Marwin Jamal. (ais)

Baca Juga :  Kemudahan Syarat Terbang Tak Berdampak

Sambut dengan Kegembiraan
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak umat Islam menyambut Bulan Suci Ramadan dengan penuh kegembiraan dan memperbanyak ibadah.

Dengan Ramadan 1438 H ini semoga umat Islam terus meningkat iman dan taqwanya.
Nurdin juga mengajak umat untuk melaksanakan ibadah puasa dengan penuh rasa sabar, ikhlas dan menahan segala hawa nafsu sehingga keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT terus meningkat.

Apalagi jika masjid diisi oleh para jamaah yang melaksanakan ibadah, sehingga dapat membawa keberkahan dan selalu bersyukur agar tidak merasa takut akan kesusahan.
Kepada umat, Gubernur menyampaikan bahwa semuanya harus menunjukkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin. Bahwa kehadiran setiap umat bisa memberikan dampak kebaikan bagi yang lainnya.

”Jauhkan diri dari sifat iri, dengki, fitnah dan menghasut karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain,” pesan Nurdin.

Gubernur Silaturahmi dengan Seluruh Pegawai
Melalui kegiatan pengajian mingguan pegawai Pemprov Kepri yang dilakukan setiap Jumat pagi, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun memanfaatkan kesempatan ini untuk bersilaturahmi dengan seluruh pegawai. Hal ini sekaligus dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan 1438 H di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang.

Nurdin mengingatkan pegawai bahwa sebagai umat manusia, apalagi yang berakal, beragama dan beriman jangan terlalu terlena dengan kehidupan dunia. Karena dunia hanya sementara, tidak tahu sampai kapan. Oleh sebab itu agar memanfaatkan dengan baik setiap kesempatan.

”Sambut Ramadan dengan beribadah penuh keikhlasan agar mendapatkan pahala sebanyak mungkin untuk bekal kita di akhirat,” ujar Nurdin.

Baca Juga :  Terimakasih Pak Candra!

Gubernur menekankan kembali bahwa bulan Ramadan bukan penghambat pegawai untuk memberikan kualitas pelayanan yang konsisten dan justru harus terus meningkat untuk masyarakat.

Di akhir sambutannya, Gubernur atas nama pribadi maupun keluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa serta mohon maaf lahir dan bathin. Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah juga mengajak seluruh pegawai di lingkungan Provinsi Kepri untuk berlomba-lomba dalam meningkatkan ibadah apalagi menyambut bulan suci Ramadan.

”Tanpa mengurangi kualitas kinerja kita sebagai pegawai, bekerja juga merupakan amal ibadah jika dikerjakan dengan ikhlas baik dan sungguh-sungguh namun tambahkan pula amalan kita di bulan Ramadan khususnya, mari seluruh pegawai ikuti safari Ramadan Gubernur yang akan dimulai malam ini di Penyengat, serta kurangi hal-hal yang tidak baik selama Ramadan ini,” ujar Arif.

Arif melanjutkan peningkatan ibadah tersebut diwujudkan dengan masing-masing OPD melakukan tadarus dan pengajian di kantornya secara konsisten di bulan Ramadan.
Acara pengajian ini dilanjutkan dengan pengisian ceramah oleh Ustadz Abdul Wahab dan ditutup dengan pembacaan doa.

Dalam ceramahnya, Ustadz Abdul Wahab menjelaskan intisari Ramadan secara umum mulai dari tata cara berpuasa yang benar diawali dengan niat berpuasa, hal-hal yang membatalkan puasa serta keutamaan beribadah di bulan Ramadan.

Di akhir ceramahnya secara khusus Ustadz mengajak seluruh pegawai yang hadir untuk saling bermaaf-maafan dengan ikhlas agar pelaksanaan ibadah selama bulan suci Ramadan dapat diterima oleh Allah SWT. Hadir pada kesempatan tersebut Asisten I dan II Pemerintah Provinsi Kepri Raja Ariza dan Syamsul Bahrum, kepala-kepala OPD dan seluruh pegawai di Lingkungan Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Revitalisasi SMK Dibantu 12 Kementerian

Gerilya Bangun Konektivitas Hati
Menyambut Ramadan 1438 H, Gubernur Kepri terus menyeru masyarakat untuk meningkatkan silaturahmi, membangun konektivitas hati agar tercipta satu visi dan misi mewujudkan pembangunan di Provinsi Kepri.

Diawali dengan salat magrib berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan zikir dan doa di masjid At Taqwa Kampung Baru, Simpang Lagoi diakhiri dengan ngopi bersama masyarakat di Perumahan Mutiara Bintan Km.10 Tanjungpinang, Kamis (25/5).

Dalam setiap berdialog bersama masyarakat, Nurdin senantiasa mengajak masyarakat untuk terus membangun silaturahmi, menyingkirkan sifat iri dan dengki sehingga terbangun kesamaan visi serta misi untuk mewujudkan pembangunan di Provinsi Kepri.

”Kita bangun terus konektivitas hati. Membangun Kepri ini butuh kebersamaan, butuh kerja sama semua elemen masyarakat. Maka dari itu tingkatkan terus komunikasi dan silaturahmi dalam berbagai kesempatan. Dan yang terpenting mari kita sambut Ramadan tahun ini dengan gembira,” kata Nurdin.

Sebagai muslim, Nurdin juga mengimbau masyarakat Kepri untuk meramaikan masjid-masjid terdekat, baik yang ada di kampung ataupun di kota. Diawali dengan salat subuh berjamaah dan salat lima waktu lainnya. Turut mendampingi Gubernur pada kesempatan ini Sekda Prov.Kepri HTS. Arif Fadillah, Assisten III, Drs. Hasbi dan Kepala Biro Humas Protokol Nilwan. (ais/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here