Ramadan, Wakil Rakyat Juga ”Puasa” Berkantor

0
214
Dari kiri, Raja Ariza, Suparno, Ade Angga dan Ahmad Dani. f--istimewa

SENGGARANG – Suasana kantor DPRD Kota Tanjungpinang di Senggarang lengang, Rabu (6/6). Kondisi ini terjadi sejak memasuki bulan suci Ramadan. Tidak kelihatan aktivitas yang dilakukan wakil rakyat tersebut di kantor megah tersebut.

Pantauan Tanjungpinang Pos, Rabu (6/6) hanya beberapa staf nampak berlalu lalang di gedung yang terletak di Senggarang tersebut. Saat ditanyai keberadaan anggota dewan, staf dewan banyak mengaku tidak begitu tahu apa saja agenda dewan.

Kabag Umum Sekretariat DPRD Tanjungpinang, Yuswaddinata menuturkan, kegiatan anggota DPRD di kantor tidak begitu padat. Meski demikian, selama Mei lalu, wakil rakyat masih melakukan beberapa agenda rapat terbuka maupun tertutup.

Seperti, Selasa (5/6) anggota Pansus RDTR melakukan rapat tertutup, penyampaian laporan ke unsur piminan DPRD. Setekah itu, disampaikan kembali ke masing-masing fraksi yang akan memberikan tanggapan nantinya. ”Pengesahan melalui rapat paripurna Ranperda RDTR menjadi Perda, habis Lebaran nantinya. Ini perencanaan jadwal yang disusun Bamus,” tuturnya.

Begitu juga dengan dua Ranperda lainnya yang sedang dibahas masing-masing pansus.
Disinggung terkait anggota DPRD yang jarang terlihat di kantor selama Ramadan, ia hanya mengakui aktivitas di kantor memang berkurang, mungkin melakukan kegiatan di lapangan dengan bertemu konstituennya. Anggota DPRD Tanjungpinang, Agus Djurianto menuturkan, kegiatan di kantor memang tidak begitu padat akhir-akhir ini, meski demikian menuturnya itu bukan menjadi tolak ukur keberhasilan kerja.

”Kinerja anggota DPRD bukan dilihat dari absensi, tapi kita selalu menyapa masyarakat langsung. Menayakan keluhan dan nantinya membahas dalam forum diskusi di DPRD melalui komisi atau melakkan RDP dengan dinas terkait,” tuturnya.

Dituturkannya, tiga fungsi anggota DPRD tetap berjalan dengan baik. Meski pun kini, lebih kepada pengawasan kegiatan yang dilaksanakan OPD. Beserta pembahasan ranperda yang sudah dijadwalkan. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here