Ramai-ramai Pulang Kampung

0
653
WARGA tionghoa turun di pelabuhan Sribintan Pura, saat kembali ke Kota Tanjungpinang sebagai kampung halaman, 2 hari menjelang perayaan Imlek, Rabu (14/2) kemarin. F-yendi/tanjungpinang pos

H-2 Imlek, Penumpang di Pelabuhan Domestik Melebihi 2.000

TANJUNGPINANG – WARGA keturunan tionghoa ramai-ramai pulang kampung, untuk merayakan Imlek tahun 2018 ini, Rabu (14/2) kemarin. Meski jumlah penumpang di pelabuhan Sribintan Pura, Tanjungpinang cukup padat, armada kapal yang disediakan KSOP dan pengusaha mencukupi kapasitas.

Penumpang kapal di pelabuhan Sribintan Pura itu sebagian berangkat ke beberapa pulau di wilayah Kepri. Begitu juga sebaliknya, penumpang yang turun di pelabuhan Sribintan Pura juga berasal dari pulau. Keberangkatan dan kedatangan antarpulau itu, antara lain ke Lingga, Karimun dan Anambas.

”Untuk antarpulau, biasa lah penumpangnya cukup padat, pagi tadi (kemarin, red). Tapi, tidak ada kapal yang melebihi kapasitas,” kata Yansen Marlan, staf KSOP pelabuhan Sribintan Pura, Tanjungpinang, kepada koran ini, Rabu (14/2) sore kemarin.

Untuk kedatangan dan keberangkatan Tanjungpinang-Batam (PP) Rabu (14/2) pagi, lanjut Yansen, jumlah penumpang normal. Satu trip itu berkisar 60-63 orang. Menjelang siang, jumlah penumpang itu berkisar 30 sampai 50-an orang. Namun, jumlah lonjakan penumpang maksimal itu mencapai 126 orang. Rabu siang, penumpang mencapai 70-an sampai 80-an orang, untuk sekali berangkat atau turun di pelabuhan Sribintan Pura. Pada sore hari, jumlah penumpang maksimal itu berkisar 50-70-an orang, dengan jumlah penumpang maksimal 80-an orang.

”Menjelang pukul 16.00, lebih dari 2.000-an orang penumpang yang turun dan naik di pelabuhan domestik Sribintan Pura. Mayoritas, warga tionghoa yang pulang kampung, untuk merayakan Imlek,” sebut Yansen Marlan. ”Meski ada sedikit lonjakan penumpang, armada kapal Oceana yang melayaninya cukup. Ini baru rute Pinang-Batam (PP),” sambungnya.

Suasana H-2 Imlek ini, Yansen Marlan mengungkapkan, pelayanan transportasi laut di Sribintan Pura berjalan aman, tertib dan lancar. ”Tidak ada kendala. Kalau penumpang membeludak, kami akan menambah trip,” demikian dipaparkan Yansen Marlan.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here