RAPBD Natuna 2018 Rp 1,02 Triliun

0
1381
PENYERAHAN KUA-PPAS: Bupati Natuna Hamid menyerahkan KUA-PPAS ke DPRD Natuna untuk dibahas sebelum disahkan jadi Perda APBD 2018, Selasa (22/11). F-ISTIMEWA

NATUNA – BUPATI Natuna Hamid Rizal menyampaikan pidato pengantar nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2018 Kabupaten Natuna sebesar Rp 1,020 triliun.

Rancangan KUA-PPAS tersebut disampaikan ke DPRD Natuna pada rapat paripurna, Rabu (22/11).

Pada paripurna itu, Hamid Rizal mengatakan, APBD pada hakikatnya merupakan instrumen kebijakan yang digunakan sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan umum serta kesejahteraan masyarakat daerah.

”Pemerintah daerah bersama DPRD harus bekerja secara optimal, guna menghasilkan APBD yang dapat mencerminkan kebutuhan nyata masyarakat. Hal ini sesuai dengan potensi daerah, serta dapat memenuhi tujuan terciptanya anggaran daerah yang berorientasi pada kepentingan publik,” ucap Hamid Rizal, pada saat rapat Paripurna DPRD Natuna.

Ia menjelaskan, RAPBD Natuna tahun 2018 nanti akan diprioritaskan infrastruktur kebutuhan sarana dan prasarana sebesar 28,37 persen. Sedangkan untuk infrastruktur keagamaan dan pendidikan sebesar 20,30 persen serta infrastruktur untuk kesehatan sebesar 17,04 persen.

Selain itu, pendapatan pembiayaan Kabupaten Natuna 2018 bersumber dari estimasi sementara sisa lebih perhitungan (Silpa) tahun 2017 sebesar Rp 192 miliar untuk pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 5 miliar.

”Pada peningkatan pendapatan asli daerah, yaitu estimasi pemerintah tahun anggaran 2018 di anggarkan Rp 1,020 triliun. Jumlah itu terdiri dari pendapatan terbesar Rp 828 miliar, dan dalam perhitungan sementara Silpa sebesar Rp 192 miliar,” ungkapnya.

Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra mengatakan, disampaikannya pidato pengantar Bupati Natuna maka proses evaluasi dan pengawasan DPRD Natuna dimulai.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here