Ratusan Massa Padati Bandara RSA

0
451
Kesiapan PHH Lanud RSA pada pengamanan aksi demo f-istimewa

Natuna – Jelang akhir tahun 2018, harga tiket pesawat melambung tinggi yang mengakibatkan masyarakat demo, Jumat (28/12).

Ratusan pendemo mulai memadati Bandara RSA Natuna sejak pagi, tidak mendapat kejelasan membuat suasana memanas dan anarkis.

Pantauan di lapangan demonstran mulai melancarkan aksi lempar batu dan dorong mendorong.

Bahkan mediasi sudah coba dilakukan antara jajaran Lanud RSA dengan perwakilan pendemo, meski demikian bentrokan fisik pun tak dapat dihindari.

Untuk diketahui, aksi demo ini merupakan simulasi dari kegiatan pengamanan latihan Pasukan Penindak Huru-Hara (PHH) Lanud RSA.

Hal ini dikatakan Komandan Lanud RSA Kolonel (Pnb) Prasetya Halim, usai menggelar aksi di Appron Hanggar Timur Lanud RSA.

Ia menuturkan, PHH Lanud RSA merupakan bagian dari Pasukan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang salah satu fungsinya, selain sebagai Pasukan Pertahanan Pangkalan terhadap serangan musuh dari luar.

Selain itu masa damai dapat digerakkan untuk melaksanakan Penindakan Huru-hara apabila terjadi kerusuhan demo di lingkungan Lanud RSA.

“Latihan PHH bagi anggota Lanud RSA merupakan salah satu upaya untuk mengingatkan kembali dan mengenalkan cara serta prosedur penindakan Huru- hara kepada prajurit Lanud RSA,”ungkapnya.

Prasetya juga mengharapkan, para prajurit dapat memahami pelaksanaan tugas PHH. Persiapan bila dikemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan demonstrasi oleh massa, anggota sudah siap siaga membantu pengamanan.

“Kita ingin pemahaman akan tugas bisa terus melekat pada para prajurit, sewaktu-waktu dibutuhkan,” tandasnya. Informasinya, meski menjelang akhir tahun terjadi kenaikan tiket pesawat namun tidak signifikan. Bila biasanya Rp 1,3 juta kini mencapai Rp 1,4 juta.(hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here