Ratusan Pantarlih Mulai Bekerja

0
304
PETUGAS Pantarlih melaksanakan pendataan di rumah warga Kelurahan Sungai Lakam Timur, Karimun. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Ratusan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mulai bekerja sampai 17 Mei mendatang. Mereka akan bertugas mendata warga di 12 kecamatan.  Petugas melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih setelah proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) sebanyak 183.992 jiwa.

Kemudian, data itu dimasukkan ke Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang merupakan acuan bagi para Parpol untuk mendapatkan salinan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan terakhir Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua KPU Karimun Ahmad Sulton mengatakan, per hari setiap petugas akan mendata 5 rumah. ”Dengan jumlah pantarlih 780 orang, pekerjaan akan berahir pada pertengahan Mei,” ujar Ahmad Sulton.

Untuk itu, ia meminta masyarakat berperan aktif, sehingga terdata sebagai pemilih. Petugas Pantarlih mendatangi rumah warga untuk melakukan coklit. Dengan begitu, warga secara tidak langsung mendukung penuh proses jalannya proses demokrasi pada Pemilu 2019.

Pada hari pertama, baik pihak KPU Karimun maupun Panwaslu Karimun juga turun langsung melakukan pemantauan pelaksanaan coklit di lapangan. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here