Ratusan Pelaku Usaha Bertambah di Bintan

0
430
Ketua Dekranasda Bintan Hj Deby Apri Sujadi melihat hasil usaha kecil kaum ibu saat kegiatan bazar usaha mikro, baru-baru ini. f-yusfreyendi/tanjungpinang pos

Deby Apri Sujadi Makin Kepincut Kreativitas Kaum Ibu

Wilayah maritim Bintan salah satu potensi yang paling banyak menghasilkan uang karena dikelola dengan baik untuk wisata maupun perikanan.

BINTAN – Seperti biasanya, Hj Deby Maryanti istri dari Bupati Bintan H Apri Sujadi blusukan ke rumah-rumah warga, ketika menghabiskan hari liburnya, baru-baru ini. Ia sempat memotivasi agar kaum ibu di pesisir Kecamatan Gunung Kijang dan Toapaya, agar selalu kuat dan mandiri, ketika menghadapi ekonomi daerah yang lemah sekarang.

Tak ayal, cukup banyak usaha kecil yang baru buka, dan dijalankan kaum ibu. Deby pun tak segan untuk memasarkan lewat sosial media atau online.

Misi yang dijalankan Hj Deby Apri Sujadi selaku Ketua Dekranasda Bintan itu sejalan dengan program Pemkab Bintan. Pemkab Bintan mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah agar menjadi wirausahawan tangguh dan mandiri.

Dengan harapan dapat meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi, serta membantu sektor lapangan kerja di masyarakat. Setelah berjalan hingga tahun 2017, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bintan mencatat, pertumbuhan UMKM selama tahun 2017, jumlah pelaku UMKM di Bintan telah meningkat menjadi 2.871 pelaku usaha, dibandingkan tahun 2016 berjumlah 2.633 pelaku usaha. Berarti ada 238 pelaku usaha yang baru berdiri selama tahun 2017.

Hal ini pula yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bintan di atas angka 5,3 persen. Meski pertumbuh ekonomi Provinsi Kepri hanya rata-rata 2,91 persen.

Untuk membangun perekonomian yang lebih maju, idealnya Bintan memerlukan kenaikan 2 persen, dari jumlah penduduk. Artinya Kabupaten Bintan memerlukan sekitar 3.000-an pelaku usaha UMKM, dari jumlah penduduk sekitar 148 ribuan.

”Dari kenaikan pelaku usaha mikro itu, mayoritas usaha rumah tangga, yang dijalankan oleh ibu-ibu. Saya sangat tertarik dengan kaum ibu yang kreatif dan membuka usaha. Meski pun itu usaha kecil. Biar lah saya bantu untuk menjual produknya,” kata Hj Deby Apri Sujadi, Minggu (18/2) kemarin.

Selaku Ketua Dekranasda Bintan Hj Deby Apri Sujadi mengimbau agar pelaku usah kecil di Bintan, dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam bidang pemasaran hasil produk usaha mereka. Terutama dalam bentuk online marketing. Hal ini menjadi solusi pemasaran yang paling praktis di era digital, kompetitif dan masa berkembang sekarang.

”Memasarkan hasil produk usaha kecil dan menengah ini, tidak hanya sebatas kemasan produk dan lain-lain. Manfaatkanlah teknologi informasi di bidang pemasaran yaitu online marketing,” sarannya.

Dirinya juga menambahkan, pemasaran online sebaiknya memperhatikan kualitas produk, kemasan produk, identitas produk, ketersediaan barang, dan yang paling penting adalah kepercayaan.

”Memasarkan produk dalam bentuk online tidak hanya sebatas laku terjual. Namun bagaimana kelanjutannya, setelah pembeli pertama kali membeli produk yang kita jual. Tapi bagaimana pun, saya senang kaum ibu di Bintan sudah berani menjadi pengusaha,” tutupnya.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here