Ratusan Pengungsi Minta Dipindahkan

0
1022
DEMO MINTA PINDAH: Tahanan Rudenim gelar aksi demo di dalam tahanan, Senin (15/5). f-raymo/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Merasa bosan, jenuh dan tahananya over kapasitas, ratusan orang pengungsi (deteni) asal Afghanistan dan Sri Langka di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pusat di Tanjungpinang menggelar aksi demo damai di dalam tahanan, Senin (15/5) sekitar pukul 09.00.

Mereka menuntut agar dipindahkan ke tempat lainnya, karena sudah terlalu lama berada di Rudenim Tanjungpinang.

Pantauan di lapangan, ratusan pengungsi membawa berbagai macam tulisan yang dibentangkan dalam karton. Mereka juga berorasi sambil berteriak menyampaikan tuntutan mereka.

Untuk mencegah agar tidak terjadinya hal yang diinginkan seperti tahan kabur. Sejumlah personel polisi dan pegawai Rudenim Pusat Tanjungpinang disiagakan di kantor Rudenim Pusat Tanjungpinang.

Baca Juga :  Kenalkan Kuliner Khas Kabupaten Karimun

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan, Pengamanan, Pemulangan dan Deportasi Rudenim Tanjungpinang, Irwanto Suhaili, mengatakan pihaknya sudah menyampaikan tuntutan para deteni tersebut ke
United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). Namun, tuntutan tersebut tidak bisa terealisasi karena tempat lain seperti permintaan para deteni itu sudah penuh.

”Mereka ini minta di pindahkan ke Medan, Jakarta dan daerah lainnya. Kami sudah layangkan surat ke UNCHR. Dan memang tidak bisa karena tempat lainnya itu sudah penuh,” katanya.

Menurutnya, pihaknya pun sudah menyampaikan hal tersebut ke para deteni. Namun, para deteni tersebut tidak mau mengerti, tidak mau dengar dan tetap ngotot minta dipindahkan.

Baca Juga :  Pengguna Medsos Harus Bijak

”Mereka yang demo ini sekitar 280 orang dari 420 orang pengungsi yang ada. Statusnya mereka ini tinggal menunggu keberangkatan ke negara ketiga,” sebutnya.

Irwanto menjelaskan, para deteni tersebut harusnya bersyukur sudah ditampung di Rudenim Tanjungpinang. Karena jika tidak mereka belum tentu dapat menuju ke negara ketiga.

”Mereka ini memintanya berlebihan, padahal disini sudah makan enak. Tempat tidurnya pun nyaman,” ucapnya.

Diterangkan Irwanto, aksi yang dilakukan para deteni tersebut bukan kali ini saja. Aksi serupa juga pernah dilakukan dengan tuntutan yang berbeda.

Baca Juga :  Hari Ini Jalur One Way Terlihat Lancar

”Dulu itu setiap ada yang tak kena dihati mereka, seperti makan tak enak aja mereka demo. Kalau dilayan mereka ini makin menjadi-jadi. Maunya di manja,” bebernya.

Terpisah, Kabag Ops Polres Tanjungpinang, Kompol Hari Yoyono, mengatakan, pihaknya pun menurunkan puluhan personel untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan dari aksi yang dilakukan para deteni di Rudenim Tanjungpinang.

”Kami juga akan berusaha melakukan mediasi dengan perwakilan para deteni yang melakukan aksi ini. Agar situasi tetap kondusif,” ujarnya. (cr27)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here