Ratusan Siswa Ikut Pesta Siaga Kwarcab

0
229
Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul didampingi Sekdako Tanjungpinang, Riono dan Kadispora Tanjungpinang, Djasman serta peserta peserta siaga di Pelataran Gedung Arsip Tanjungpinang. F-DESILIZA/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Ratusan siswa mengikuti Pesta Siaga yang dilaksanakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Tanjungpinang, melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tanjungpinang.

Kegiatan dilaksanakan, Kamis (15/11) di Pelataran Gedung Arsip Kota Tanjungpinang. Mengadakan beberapa perlombaan yang sudah disiapkan.

Bagi siswa yang juara akan dikirim mengikuti lomba tingkat Kwarda Provinsi Kepri yang dilaksanakan dalam waktu dekat.

Acara tersebut di buka Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul didampingi Sekda Tanjungpinang, Riono.

Hadir juga Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu, Forum Komunikasi Intelijen Daerah (Forkominda) dan beberapa pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Menyemarakkan acara, puluhan siswa SDN 006 Tanjungpinang Barat, memperagakan huruf menggunakan bendera semapur. Tidak mau ketinggalan, seperti acara resmi biasanya, ada penampilan drumben siswa SMPN 2 Tanjungpinang. Dibawah binaan Norma, para siswa membawakan harmonisasi dengan beberapa lagu.

Syahrul menuturkan, kegiatan ini akan berlanjut secara terus menerus setiap tahun. Bukan hanya ajang seleksi siswa untuk ikut ke tingkat provinsi, tapi juga upaya menanamkan nilai-nilai Pramuka itu utamanya.

Dituturkannya, tujuan gerakan Pramuka membentuk setiap orang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot.

Tentunya, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa.

Menurutnya, gerakan Pramuka mengalami pasang surut pada kurun waktu tertentu, bahkan danggap kurang penting oleh kaum muda. Sehingga, nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah Pancasila dalam pendidikan Pramuka tidak optimal.

Menyadari hal tersebut, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, terbit UU nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka.

Kini, menjadi kegiatan wajib disetiap sekolah. Dipaparkannya, dalam kepramukaan, usia siaga merupakan usia awal sebagai anggota Gerakan Pramuka.

Ini artinya siaga ini kelompok termuda. Meski demikian, tidak boleh dianggap biasa, upaya pengkaderan dan perlu rutin dilaksanakan.

Kadispora Tanjungpinang, Djasman menuturkan, peserta kegiatan diikuti 282 siswa yang terdiri dari 47 sekolah di Kota Tanjungpinang. Masing-masing sekolah mengirimkan enam perwakilan.

“Kegiatan ini upaya pemerintah mendukung terus generasi muda untuk kreatif, inovatif dan memiliki karakter baik, memimpin bangsa di masa akan datang,” ucapnya.

Ia berpesan kepada para peserta yang mengikuti perlombaan untuk sportif. Dibawah pembinaan juri-juri handal yang memberi penilaian.

Menurutnya, menang atau kalah dalam suatu pertandingan itu biasa, terpenting mau mencoa, berusaha dan memberikan yang terbaik dari talenta yang dimiliki.

Djasman menuturkan, beberapa perlombaan yang dilaksanakan yaitu, hasta karya, melukis, puisi, baca ayat pendek, lomba bercerita dan puzzle.

Kegiatan akan dilaksanakan dalam satu hari, para pemenang dari setiap perlombaan disiapkan menjadi peserta tingkat Kwarda Provinsi Kepri. (dlp/ratni/reinhard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here