Rawa Ditimbun, Gorong-gorong Ditambah

0
118
TMMD ke 103 di Desa Pengudang, Bintan.

BINTAN – Rawa sepanjang 1.050 meter di pembangunan jalan raya yang dikerjakan Satgas TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) kini sudah tertimbun sekitar 900 meter. Hanya saja, karena pada sisi kiri dan kanan jalan masih ada genangan air, hingga pihak TMMD ke-103 Kodim 0135/Bintan memutuskan untuk membuat gorong-gorong.

“Air yang ada akan kita alirkan melalui gorong-gorong yang sedang dibuat. Sebelumnya sduah 3 set gorong-gorong yang dikerjakan dan sudah selesai. Saat ini dibuat lagi gorong gorong lagi yang panjangnya 6 meter. Namun, karena kondisi hujan pada siang hari, hingga penyelesaian pengerjaannya baru selesai 50 persen,” kata Dandim 0135/Bintan, Letkol Inf. I Gusti Bagus Putu Wijangsa, Selasa (23/10).

Menurut Dandim, jumlah yang ikut gotong-royong di TMMD Desa Pengudang Teluk Sebong, Bintan ini semakin banyak. Bahkan, sambungnya, agar kontruksi yang dibangun di TMMD bisa tahan lebih kuat, pihak Pemkab Bintan juga menurunkan tim asistensi dari Dinas PU Kabupaten Bintan. “Pengawasan dan pemeriksaan proyek TMMD oleh PU Bintan ini didamping Danramil 03/Binut untuk mengetahui standar proyeknya,” sebut Dandim.

Sedangkan untuk pengerjaan batu miring terus digesa. Batu miring ini sebagai pendukung jalan raya sepanjang 4.050 meter yang mengitari lahan 100 hektar lahan milik warga Desa Pengudang. Batu miring yang sudah terpasang ada 75 meter. Selain itu, sebut Dandim Gusti Bagus, jalan sepanjang 4,05 kilometer itu luas yang direncanakan hanya 5 meter. Namun setelah diukur oleh pihak PU hasilnya malah mencapai 8 meter.

“Sengaja ini dilebihkan agar melewati standar minimal sebagai syarat jalan umum yang ditentukan oleh Binamarga PU Kabupaten Bintan. Demikian juga dengan gorong-gorong yang sudah terpasang, yang mestinya cukup 13 meter, malah masing-masing kita lebihkan hingga total panjangnya mencapai 24 meter. Kegunaannya, jika ada pelebaran jalan, maka tidak payah lagi menambah gorong gorong karena yang dibuat oleh TMMD sudah lebih besar dari jalan raya,” sebutnya.(jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here