Rawan Kejahatan, Lantamal IV Gencar Patroli

0
283
PATROLI: Tim WFQR Lantamal IV saat patroli di perairan Kepri, belum lama ini. F-istimewa

TANJUNGPINANG – Rawan kejatahan perairan Kepulauan Riau, berbatasan langsung dengan tiga negara, yakni Vietnam, Singapura dan Malaysia, kini Lantamal IV Tanjungpinang gencar melakukan patroli di perbatasan. Komandan Lantamal IV Laksma TNI R. Eko Suyatno, melalui Kadispen Lantamal IV Mayor Laut Josdy Damopolii mengatakan, menjaga perbatasan perairan Kepri, yang berbatas langsung dengan sebelah utara berbatasan dengan Negara Vietnam adalah kewajiban.

Sebelah barat berbatasan dengan Negara Singapura dan Malaysia tidak semudah membalik telapak tangan. Namun, itu memerlukan konsistensi, ketegasan. Serta kerjasama secara terus menerus dan membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah serta komponen masyarakat.Tidak mungkin TNI AL bekerja sendiri yang pasti keterpaduan butuhkan disini.

Banyaknya tingkat pelanggaran dan kejahatan di perairan Kepri dengan berbagai modus yang berhasil Lantamal IV ungkap selama ini. ”Semua permasalahan dan peta kerawanan yang ada di wilayah perairan Kepri sudah kita inventarisir seperti illegal oil, illegal fishing, illegal mining, illegal entry, human trafficking, perompakan, pencurian dengan kekerasan, narkoba, SAR (Search And Rescue) semua ini setiap akhir tahun akan kita evaluasi dan akan kita kaji serta solusi penanganiannya bagaimana kita terus lakukan,” sebutanya.

Kadispen menyebutkan, dengan daya upaya yang dimiliki dalam penegakan hukum dan mengamankan wilayah perairan Kepri termasuk yang kita gunakan saat ini dengan teknologi, diwilayah-wilayah rawan tindak pelanggaran hal ini sangat efektif dan efisien. ”Kapal patroli rutin dilakukan baik itu didaerah perbatasan serta daerah pulau-pulau kecil yang ada di Kepri,” sebutnya.

Banyak modus yang digunakan para penjahat untuk mengelabuhi petugas, seperti penjahat berlayar pada malam hari tanpa menggunakan lampu namun semua modus para pelaku kejahatan sudah diketahui. Josdi menyebutkan, untuk posisi kapal patroli selalu bergerak, hal ini kita rahasiakan dimana saja posisi kapal tersebut seperti pada kejadian tabrakan kapal di Amerika pada saat kejadian dua unsur kapal sudah berada diposisi kejadian. ”Untuk itu saat ini Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV Lantamal IV Tanjungpinang selalu siaga baik itu siang ataupun malam,” uajrnya. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here