Rawan Penyelundupan, Polisi Patroli ke Pulau

0
506
SINGGAHI: Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono memimpin personelnya saat menyinggahi Pulau Karimun Anak pada giat patroli pulau perbatasan, Senin (16/10). f-ISTIMEWA

KARIMUN – PERSONEL dari Polsek Tebing melaksanakan patroli pengamanan di beberapa pulau yang terletak di perbatasan. Area pulau yang dilalui patroli yakni Pulau Karimun Anak, Pulau Nangoi, Pulau Putri, Pulau Tokong Hiu Kecil, serta Tokong Hiu Besar di Kecamatan Tebing.

”Pulau Karimun Anak dan Pulau Tokong Hiu Kecil, dihuni beberapa orang masyarakat. Sedangkan Pulau Putri, Pulau Nangoi, Pulau Tokong Hiu Besar tidak berpenghuni dan letaknya di dekat Pulau Perbatasan yang telah ditempatkan personel dari Polsek Tebing. Sebagai Pulau yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan Singapura, keamanan di kawasan pulau harus dipantau,” kata AKP Budi Hartono, Kapolsek Tebing, Senin (16/10).

Ia menjelaskan, acaman di Pulau Perbatasan rawan terjadi tindak pidana illegal fishing, trafiking, imigran gelap, illegal loging, illegal mining dan penyelundupan barang dan narkoba. Untuk itu, pihaknya memandang perlu untuk melakukan pengawasan di sekitar pulau. Sebagai upaya mendukung patroli, Polsek Tebing dilengkapi dengan kapal patroli cepat. Kepada penduduk Pulau Karimun Anak dan Pulau Tokong Hiu Kecil diingatkan, untuk berkoordinasi dengan Polsek Tebing jika sesuatu terjadi baik tindak pidana atau butuh pertolongan apa bila ada kecelakan laut.

Seperti kapal karam, atau kapal dirompak dan lain sebagainya. Terutama, jika ada kapal sandar dan menurunkan orang dalam jumlah banyak laki atau perempuan. Sebaiknya, warga langsung memberitahukan hal tersebut kepada petugas Pos Polisi di sekitar pulau atau langsung menghubungi Mapolsek Tebing.

”Maka, personel Polsek Tebing akan segera bergerak menuju Pulau yang dimaksud,” kata Budi, sapaan akrap perwira dengan 3 balok kuning di pundaknya itu.

”Selama ini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di ke lima pulau tergolong aman dan terkendali,” terangnya.

Masyarakat setempat rutin berkoordinasi atau memberikan kabar kepada Polsek Tebing. Terkait situasi mereka, penduduk di Pulau tersebut bekerja sebagai nelayan dan petani.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here