RBB 10 dan Gandeng KK Singapura

0
489
Baca puisi: Delegasi KK Singapura membaca puisi dari atas mobil jeep rakitan 1951 koleksi Romo Paschal yang dijadikan artistik panggung rbb. f-tarmizi/tanjungpinang pos

BATAM – Panggung Rumahitam Batam Berpuisi (RBB) mendapat perhatian khusus dari gerakan Kembara Kalam (KK) Singapura yang dinakhodai Cg Karmin Abas, penyair puisi berlagu negeri jiran tersebut. Hal itu terlihat dari pelaksanaan agenda rutin bulanan panggung RBB yang dihelat sejak Januari 2017. Agenda RBB yang sudah memasuki peristiwa ke 10 itu selalu digelar di laman kata rumahitam, Sekupang Batam.

Kemarin, Senin (16/10) bertempat di lamankata rumahitam, Perdana Menteri (PM) Republik RBB, Tuan Sudirman El Batamy menggelar pertemuan khusus dengan Cg Karmin. Pertemuan itu membahas kerjasama antara republik RBB dengan KK Singapura. Ada beberapa poin penting kesepakatan kerjasama yang diahsilkan RBB dengan KK Singapura. Di anataranya, lawatan rutin bulanan delegasi KK Singapura menghadiri panggung rutin bulan RBB. Selain itu, ada kerjasama event sastra, warisan, peradaban, kemanusiaan, lingkungan hidup baik di Batam maupun di Singapura.

Baca Juga :  Masih Luas, Jangan Reklamasi Batam

”Republik RBB tentunya menyambut baik tawaran kerjasama tersebut. Kita dari Republik RBB juga menyanggupi untuk hadir pada agenda-agenda KK Singapura, jika sewaktu-waktu kita diundang ke negeri jiran tersebut,’’ kata Sudirman El Batamy dalam jumpa pers yang digelar siang kemarin di laman kata rumahitam.

Perdana Menteri Republik RBB tersebut menambahkan, sebelum ada kerjasama dengan KK Singapura, secara personal Cg Karmin telah beberapa kali hadir dan tampil di panggung RBB. Dari beberapa kali kehadiran itulah timbul gagasan Cg Karmin untuk menunaikan kerjasama dengan KK Singapura.

Baca Juga :  Rudi Dorong Pembukaan Distribusi Air Tembesi

Yang disebut PM Republik RBB dibenarkan Cg Karmin Abas. Bahkan, sebagai bentuk keseriusan dari KK Singapura, pada panggung RBB 10, Sabtu (14/10) malam lalu, KK Singapura hadir dengan 7 orang delegasi, dan tampil baca puisi di atas jeep panggung rbb 10.

”Saya mencermati usaha dan upaya dari Republik RBB dalam menjulang sastra dan budaya, dengan menggelar panggung rutin RBB yang senantiasa ramai dihadiri berbagai kalangan. Saya melihat langsung, karena sudah beberapa kali saya ikuti panggung RBB,’’ sebut Cg Karmin.

Baca Juga :  Rudi Anjurkan Berdoa saat Nuzulul Quran

KK Singapura, menurut Cg Karmin Abas, merupakan gerakan kesusastraan dan kebudayaan, yang aktivitasnya lebih kepada kebudayan di dalam dan luar Singapura. (asr)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here