Realisasi Pajak Belum Capai 50 Persen

0
207
Kasir di restoran di Mega Mal sedang melayani pelanggan. Restoran di sejumlah mal di Batam sudah terkoneksi laporan pajak online. f-istimewa

BATAM – Pasca kenaikan pajak untuk sejumlah objek, terutama hotel, restoran dan hiburan, target Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD), belum sampai 50 persen. ?Untuk pajak hotel, capaian baru 43,13 persen atau sekitar Rp50 miliardari target Rp117.918.912.400. Sementara untuk restoran, capaian baru 46,20 persen.

Kepala BP2RD Batam Raja Azmansyah mengatakan, untuk restoran, targetnya sekitar Rp68,6 miliar dengan realisasi saat ini, 31,69 miliar. Sementara untuk pajak hiburan, dari target 29,19 miliar, capaian saat ini, Rp14,010 miliar atau 48 miliar. ”Memang belum sesuai harapan,” kata Azmansyah.

Direncanakan, untuk mendorong capaian PAD pajak restoran, hotel dan hiburan, pihaknya akan memanggil pengelola atau pengusaha. Mereka akan meminta pajak dibayarkan sesuai ketentuan. Dimana, pembayaran dilakukan, setiap bulan pada tanggal 20.

”Kita akan panggil dan kasih arahan dan harapan. Mungkin kemarin karena libur panjang, maka belum dilunasi,” jelasnya.

Diakui, harusnya untuk Juni, capaian target, bisa di atas 50 persen. Terlebih ada kenaikan pajak disektor hiburan, restoran dan hotel, sekitar 30 persen. Untuk itu, mereka akan melakukan pembinaan.

”Kami juga akan menyurati dan memberikan teguran kepada pengusaha yang lalai membayar sebagai bentuk pembinaan,” janjinya.

Sementara untuk kenaikan pajak dinilai tidak masalah, karena sampai saat ini pihaknya belum menerima surat keberatan dari pengusaha. Sehingga mereka mempertanyakan pajak yang mereka terima dan dibayarkan pengusaha, di bawah target. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here